Apa yang Mengusik Hati Anda? Berbuatlah Sesuatu

| Selasa, Juli 28, 2020 |

Ester 4: 4 "Ketika dayang-dayang dan sida-sida Ester memberitahukan hal itu kepadanya, maka sangatlah risau hati sang ratu, lalu dikirimkannyalah pakaian, supaya dipakaikan kepada Mordekhai dan supaya ditanggalkan kain kabungnya dari padanya, tetapi tidak diterimanya."

Apabila Anda ingin mengetahui takdir Anda, maka langkah pertama ialah dengan mencari tahu bagaimana Allah telah memberikan Anda karunia. Kemudian, Anda harus mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang menggerakkan hati Anda. Apa yang membuat Anda kesal? Apa yang menyebabkan Anda berpikir, "Seseorang harus berbuat sesuatu?" Apa yang sangat mengusik hati Anda sehingga Anda tergerak untuk mengambil tindakan? Apa pun itu, itulah kunci dari takdir Anda.

Para pelayan Ester memberitahu dia bahwa pamannya, Mordekhai, di jalanan kota dengan suara nyaring tengah meratapi rencana Haman dan keputusan raja untuk membunuh semua orang Yahudi. Ketika Ester mendengar betapa berdukanya Mordekhai, itu amat mengusik hatinya. Ester berpikir banyak orang akan mati, kecuali dia berbuat sesuatu.

Apakah ada sesuatu yang mengusik hati Anda, atau sebaliknya, hidup Anda begitu terisolasi sehingga tidak ada satu pun yang membuat Anda berkata, "Seseorang harus berbuat sesuatu akan hal itu"?

Gereja Saddleback menjadi gereja terdepan di Amerika dalam perang melawan AIDS karena istri saya Kay pernah membaca sebuah artikel di Majalah Newsweek yang mengatakan bahwa ada 14 juta anak telah menjadi yatim piatu karena AIDS, dan fakta itu sangat mengusiknya.

Dan Kay tidak sendirian. Di gereja kami ada lebih dari 300 pelayanan yang dibangun oleh orang-orang yang melihat masalah, kebutuhan, luka, atau ketidakadilan, dan kemudian memutuskan untuk bertindak.

Yesaya 58: 6-11 memberikan 10 janji luar biasa bagi mereka yang berjuang untuk keadilan. Tuhan berjanji bahwa pertolongan-Nya akan bersinar atas Anda, luka Anda akan disembuhkan, Dia akan selalu ada bersama Anda, Dia akan menyelamatkan Anda dan melindungi Anda, Dia akan menjawab doa-doa Anda, Dia akan mengubah gelap menjadi terang, Dia akan membimbing Anda, Dia akan membuat Anda bersukacita dengan hal-hal baik, dan Dia akan membuat Anda kuat dan baik.

Semua janji itu dibangun agar Anda dapat bermurah hati terhadap orang-orang yang kurang beruntung, sebab Tuhan ingin kita belajar tentang kemurahan hati.

Renungkan hal ini:
- Buatlah daftar hal-hal yang mengusik hati Anda. Lalu, berdoalah dan minta Tuhan menunjukkan kepada Anda cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan karunia-karunia Anda untuk membuat suatu perbedaan.
- Apa saja keterbatasan yang Anda rasakan tentang diri Anda yang menghambat Anda untuk membantu orang-orang di sekitar Anda yang butuh pertolongan Anda?
- Mengapa Allah ingin para pengikut-Nya untuk bertindak melawan ketidakadilan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 46-48; Kisah Para Rasul 28:17-31


Jangan keraskan hatimu saat Anda mendengar suara panggilan Tuhan untuk melayani dalam hati Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top