Anda Dianugerahi untuk Saat seperti Sekarang

| Rabu, Juli 29, 2020 |

Ester 4:14 "Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu."

Setelah Anda mengidentifikasi karunia-karunia Anda dan kebutuhan-kebutuhan orang lain yang menggerakkan hati Anda, ada langkah ketiga untuk mewujudkan takdir Anda: Sediakan waktu untuk mendengar panggilan Tuhan dalam hidup Anda.

Tuhan tidak akan merekrut Anda tanpa panggilan. Tuhan memanggil semua orang untuk menggunakan karunia dan semangat yang mereka punya, walau memang tidak semua orang merespons panggilan-Nya itu.

Satu-satunya cara untuk mendengar panggilan Tuhan atas Anda ialah dengan mendengarkan. Anda harus diam. Anda harus sendirian dan menghabiskan waktu bersama Dia.

Ketika Mordekhai mengirim pesan kepada Ester bahwa semua orang Yahudi akan dibinasakan, pada intinya ia hendak memberi tahu Ester dalam Ester 4: 13-14, "Jangan mengabaikan kabar yang sangat mengganggu ini. Ya, aku mengerti situasinya sulit, tetapi inilah takdirmu. Tuhan telah menempatkanmu di sini. Fakta bahwa engkau adalah seorang wanita Yahudi dan menjadi ratu Persia bukanlah suatu kebetulan."

Penting untuk kita baca dan telaah respons Ester terhadap Mordekhai dalam Ester 4:16: "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."

Ester tahu bahwa melawan raja berarti kemungkinan besar adalah mati. Oleh sebab itu, ia harus menggunakan karunia kecantikan, kecerdasan, dan kepribadiannya untuk membujuk raja. Tetapi sebelum ia pergi menghadap raja, dia mengambil waktu tiga hari untuk berpuasa, dan berdoa kepada Allah.

Ikutilah teladan Ester ketika Anda mencari tahu panggilan Tuhan atas Anda. Pertama, mintalah dukungan doa dari orang lain. Ester meminta Mordekhai dan orang-orang Yahudi untuk berdoa dan berpuasa untuknya. Nah, begitu pun Anda, mintalah dukungan doa dari kelompok kecil Anda. Jika Anda tidak memiliki kelompok kecil, sekarang saatnya untuk bergabung.

Kedua, Anda perlu memperpanjang waktu tenang Anda bersama Tuhan. Buatlah jadwal retreat bersama Tuhan. Baik itu selama satu malam, selama akhir pekan, atau lebih lama jika Anda bisa. Anda tidak akan dapat mendengar panggilan Tuhan dalam hidup Anda apabila Anda tidak sendirian dengan-Nya.

Renungkan hal ini:
- Kita seringkali menekankan kata "panggilan" di gereja sehingga itu sulit dipahami atau bahkan kelihatannya di luar jangkauan bagi banyak orang. Menurut Anda apa artinya memiliki panggilan?
- Jika Anda sudah tahu apa panggilan Tuhan atas hidup Anda, bagaimana Anda mewujudkannya? Apa yang menghalangi Anda untuk menjalankan panggilan Anda tersebut?
- Jika melakukan retreat bersama Tuhan tampaknya sulit buat Anda, lalu bagaimana Anda dapat memasukkan ke dalam jadwal Anda menghabiskan waktu bersama Tuhan selama akhir pekan, atau ketika ada yang bisa menjaga anak-anak Anda untuk sementara waktu? Memang ini butuh pengorbanan, tetapi ini tidak akan sia-sia.


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 49-50; Roma 1


Kualitas hubungan Anda dengan Tuhan, menentukan langkah hidup Anda kedepannya
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top