Ketika Anda Merasa Putus Asa, Berdoalah Secara Spesifik

| Senin, Agustus 10, 2020 |

Yunus 2: 2 "Katanya: "Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku, dari tengah-tengah dunia."

Ketika Anda tahu apa yang menyebabkan keputusasaan Anda, mulailah berdoa secara spesifik untuk apa yang Anda butuhkan. Begitulah cara Tuhan ingin Anda berbicara dengan-Nya.

Dan saat Anda berdoa secara spesifik, saya mendorong Anda untuk mengutip ayat-ayat Alkitab dan memperkatakannya kembali kepada Tuhan. Itulah kunci untuk meminta bantuan Tuhan!

Itulah yang dilakukan Yunus ketika ia tenggelam ke laut dan ditelan oleh seekor ikan besar. Dalam doa singkatnya dalam Yunus 2, dia berdoa menggunakan delapan ayat yang berbeda. Semua yang dia katakan ialah kutipan dari kitab Mazmur. Yunus jelas gemar membaca Alkitab.

Ayat-ayat apa saja yang harus Anda doakan kembali kepada Allah?
- Berdoa ratapan. Saat Anda marah, kembalilah ke salah satu ratapan dalam kitab Mazmur atau dalam kitab Ratapan dan perkatakan keluhan itu kembali kepada Allah.
- Berdoa kebenaran tentang Allah. Doakan apa yang dikatakan Alkitab tentang Allah -- tentang kebaikan-Nya, kejujuran-Nya, dan keadilan-Nya. Semua topik tersebut ada di dalam Alkitab.
- Berdoa tentang janji-janji Allah. Tak terhitung sudah berapa kali saya berdoa seperti ini, "Tuhan, aku meminta Engkau untuk menepati janji-Mu. Aku menantikan Engkau melakukan apa yang telah Engkau janjikan." Kemudian saya akan memperkatakan salah satu janji Tuhan yang telah saya hafalkan.

Berkomitmenlah untuk mempelajari Firman Tuhan setiap hari sehingga, seperti Yunus, Anda dapat memperkatakan kembali Firman Tuhan kepada-Nya. Dan ketika Anda melakukannya, Tuhan akan membawa pengharapan kembali ke dalam hidup Anda.

Renungkan hal ini:
- Apa yang dapat Anda lakukan untuk lebih kenal Alkitab agar Anda dapat lebih siap berdoa dengan memperkatakan ayat-ayat Alkitab kembali kepada Allah?
- Apa ayat-ayat Alkitab yang menghibur Anda ketika Anda merasa sedih atau berkecil hati?
- Dari tiga jenis doa yang kita bahas hari ini -- ratapan, kebenaran tentang Allah, janji-janji Allah -- mana yang menurut Anda paling cocok untuk Anda doakan saat ini? Mengapa?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 79-80; Roma 11


Ucapkanlah satu per satu apa yang ada dalam hati Anda pada Tuhan
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top