Langkah Kedua di dalam Krisis: Fokus dan Cari Tuhan

| Jumat, Agustus 28, 2020 |

Amsal 8:17 "Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku."

Daniel memberi kita sebuah cetak biru yang bagus dalam hal berdoa di masa sulit.

Kita dapat menemukan enam prinsip penting tentang berdoa dalam Daniel 9. Dalam renungan terakhir, kita melihat prinsip yang pertama: Kita membolehkan Tuhan berbicara kepada kita sebelum kita berbicara kepada Dia.

Langkah kedua dalam hal berdoa yang akan dijawab oleh Tuhan selama masa krisis ialah dengan memusatkan perhatian kita pada Tuhan dan mencari-Nya.

Daniel melakukan ini dalam Daniel 9: 3a: "Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon," Nasihat mendasar yang efektif ini bukan hanya dalam relasi Anda dengan Tuhan, tapi juga dengan orang lain. Hubungan apa pun dalam hidup Anda akan semakin berkualitas apabila secara fisik Anda melihat orang lain dan fokus kepada mereka ketika mereka berbicara dengan Anda. Setiap kali istri saya berbicara dengan saya, saya mengarahkan wajah saya ke arahnya. Kami telah menikah selama lebih dari 40 tahun. Dia senang ketika saya menatapnya sambil berbicara, sebab dia tahu dia mendapat perhatian penuh dari saya.

Memalingkan wajah Anda ke arah seseorang menunjukkan perhatian Anda. Sama halnya, Anda juga dapat melakukannya dengan Tuhan. Secara fisik Anda menatap ke langit. Jika itu memungkinkan, pergilah ke luar dan tataplah langit sambil berdoa.

Secara harfiah, memalingkan wajah Anda kepada Tuhan adalah langkah pertama untuk dapat sungguh-sungguh memusatkan perhatian Anda pada-Nya. Ini merupakan hal yang teramat penting selama masa sulit — dan juga di setiap momen dalam hidup kita.

Dalam Amos 5: 4, Tuhan berkata, "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!" Anda tidak benar-benar hidup kecuali Anda benar-benar mencari Tuhan.

Tuhan menjamin bahwa Dia akan selalu menyertai Anda. Dia berkata, "Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku" (Amsal 8:17).

Renungkan hal ini:
- Menurut Anda seberapa fokus Anda ketika mencari Tuhan dalam setiap bidang kehidupan Anda? Luangkan waktu untuk merenungkan dan memutuskan.
- Apa saja yang dapat Anda lakukan agar lebih konsisten dan setia dalam datang kepada Tuhan?
- Dalam hal apa Anda mendapati diri Anda sering teralihkan pada saat berdoa? Di manakah tempat yang paling bisa membuat Anda fokus sepenuhnya kepada Tuhan saat Anda berdoa?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 123-125; 1 Korintus 10:1-18


Tuhan melihat hati dan usaha Anda dalam mencariNya.
Apakah Anda sepenuh hati mencari dan berharap padaNya?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top