Berkomitmenlah untuk Hidup dengan Nilai-Nilai Anda

| Minggu, September 27, 2020 |

Ibrani 11:26 "Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah."

Untuk menjadi seperti yang Tuhan kehendaki, ikuti pola yang telah dibuat Musa: Pilihlah untuk menjadi seperti yang Tuhan kehendaki. Pilihlah untuk menghadapi kesukaran sementara untuk meraih keuntungan jangka panjang. Dan pilihlah nilai-nilai Tuhan, bukan nilai-nilai dunia.

Itulah alasannya Tuhan memakai Musa!

Ibrani 11:26 mengatakan, "Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah."

Musa menegaskan apa yang paling penting bagi-Nya.

Apa yang paling penting dalam hidup Anda? Apa tiga atau empat nilai teratas dalam hidup Anda? Bisakah Anda menyebutkannya dengan mudah?

Jika Anda tanyakan itu pada saya, maka saya bisa menjawabnya dengan mudah: integritas, kerendahan hati, dan kemurahan hati.

Bisakah Anda menyebutkan tiga nilai terpenting dalam hidup Anda saat ini? Jika Anda tidak bisa, artinya Anda pasti sedang menjalani hidup tanpa memegang nilai-nilai itu. Anda tidak akan dapat menjalankan nilai-nilai tersebut sampai Anda bisa menetapkannya. Maka, luangkan satu hari, duduklah dan tanya pada diri Anda sendiri, "Apa yang paling penting buat saya? Apa nilai-nilai paling penting dalam hidup saya?" Kemudian, catatlah dan ambil komitmen. Sebab, apabila Anda belum memutuskannya, maka Anda tidak akan bisa menjalani hidup sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

Musa memilih nilai-nilai Tuhan, ketimbang nilai-nilai dunia. Mengapa ini sangat penting? Sebab jika Anda memutuskan apa yang paling penting buat hidup Anda, maka orang lain akan memutuskannya buat Anda. Mereka akan mendorong Anda masuk ke dalam cetakan mereka. Dan Anda akan menjalani hidup Anda berdasarkan nilai mereka, bukan nilai Anda.

Renungkan hal ini:
- Apa tiga nilai terpenting dalam hidup Anda?
- Bagaimana Anda menentukan bahwa itu adalah nilai-nilai terpenting Anda?
- Bagaimana ketiga nilai ini membentuk cara Anda menjalani hidup? Jelaskan sespesifik mungkin.



Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 1-3; Efesus 2


Anda harus memutuskan apa yang paling penting bagi Anda dan kemudian menjalani hidup sesuai dengan nilai-nilai itu.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top