Rancangan Tuhan untuk Rasa Sakit Anda

| Jumat, September 25, 2020 |

1 Petrus 4:19 "Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia."

Ingat seperti apa dunia fotografi sebelum berubah menjadi digital? Ketika Anda mengambil foto, hal pertama yang Anda dapat adalah film negatif (klise foto). Kemudian Anda akan mengubah film negatif tersebut menjadi positif dengan melakukannya di kamar gelap dengan menyinari kertas foto dengan proyektor khusus sehingga gambar yang ada di klise foto tertembus cahaya dan akan tercetak di kertas foto tersebut. Ini mengubah foto negatif menjadi foto penuh warna yang positif.

Itulah yang Tuhan ingin lakukan dengan ketidakadilan dalam hidup kita. Kita semua pasti pernah mengalaminya. Orang-orang memperlakukan kita tidak adil. Mereka mengabaikan kita. Mereka memanfaatkan kita. Tuhan ingin mengambil semua hal negatif itu, menyinarinya dengan terang-Nya, dan mengubahnya menjadi positif — sebuah foto kehidupan yang penuh warna dari kehidupan yang telah dirancangkan-Nya untuk kita.

Alkitab berkata, "Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia" (1 Petrus 4:19). Hal terpenting yang perlu Anda ingat ketika diperlakukan tidak adil ialah bahwa Yesus ada di pihak Anda.

Di seluruh Alkitab, Tuhan menunjukkan perhatian khusus kepada orang-orang yang diperlakukan tidak adil. Dia adalah Tuhan Keadilan. Dia mendengar tangisan Anda, melihat kepedihan Anda, dan merasakan rasa sakit Anda. Mungkin Anda berpikir Anda tidak mendapatkan apa yang layak Anda dapatkan.

Saat Anda memancarkan terang kasih Tuhan lewat keadaan Anda, maka Dia dapat mengubah rasa sakit Anda menjadi sebuah gambar yang indah. Dia mengembangkan karakter Anda melalui itu. Dia membuat Anda lebih kuat. Dan yang paling penting, Dia menggunakan rasa sakit Anda untuk kebaikan.

Anda tidak akan pernah mendapatkan penjelasan untuk banyaknya rasa sakit yang harus Anda pikul dalam hidup ini. Saat Anda sampai ke surga, Anda mungkin lebih paham mengapa hal-hal buruk yang telah terjadi pada Anda. Tetapi Tuhan tidak berhutang penjelasan apapun kepada Anda.

Namun, inilah kabar baiknya: Anda tidak butuh penjelasan. Anda hanya perlu tahu bahwa Tuhan menyayangi Anda. Dia punya rencana untuk Anda. Tuhan akan menegur siapapun yang telah menyakiti Anda.

Tuhan tidak pernah menyia-nyiakan luka dan kepedihan. Maka, Sambutlah terang Injil, dan Tuhan akan menggunakan luka Anda — ketidakadilan yang begitu nyata yang pernah terjadi pada Anda — untuk menciptakan sebuah gambar yang indah lewat hidup Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Tuhan menggunakan rasa sakit dari masa lalu Anda untuk membantu orang lain?
- Dengan cara apa Anda telah melihat Tuhan mendewasakan karakter Anda melalui ketidakadilan yang pernah Anda alami?
- Alih-alih membalas, menurut Anda bagaimana Tuhan ingin Anda memperlakukan orang yang memperlakukan Anda dengan tidak adil? Bagaimana menanggapi dengan kasih memengaruhi Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Kidung Agung 4-6; Galatia 6


Tuhan punya rencana buat rasa sakit Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top