Apakah Yang Anda Lakukan adalah Penggunaan Terbaik dalam Hidup Anda?

| Senin, November 16, 2020 |

Efesus 5: 15-17 "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan."

Jika Anda ingin memberi pengaruh dalam hidup Anda, maka Anda harus melakukan hal berikut: Kendalikan waktu Anda. Waktu Anda adalah hidup Anda. Apabila Anda tidak belajar mengatur waktu, maka Anda akan mempersempit waktu dalam hidup Anda.

Efesus 5: 15-17 mengatakan, "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan."

Kita semua punya jumlah waktu yang sama setiap minggu: 168 jam. Yang membedakan adalah apa yang Anda lakukan dengan waktu itu! Anda hanya diberikan jatah sejumlah hari yang spesifik di dunia ini, jadi jika Anda menyia-nyiakannya, artinya Anda telah mengacaukannya! Jika Anda membuang-buang waktu, artinya Anda sedang menyia-nyiakan hidup Anda karena waktu Anda adalah hidup Anda. Berhentilah sejenak dan tanyakan pada diri Anda, "Apakah ini penggunaan terbaik dari waktu saya? Apakah ini penggunaan terbaik dari hidup saya?"

Orang yang efektif mencari tahu apa yang penting dan apa yang sepele dalam dalam hidup mereka, dan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal penting dan meluangkan lebih sedikit waktu untuk melakukan hal-hal yang sepele. Anda tidak bisa menghilangkan semua hal sepele dalam hidup Anda, tetapi Anda bisa menguranginya.

Itu terdengar mudah, tetapi terus terang, kita seringkali sulit untuk memilih antara yang terbaik untuk hidup kita dan mana yang termudah untuk hidup kita-- apalagi saat kita lelah. Saat Anda lelah, Anda tentu tidak ingin melakukan yang terbaik. Anda ingin melakukan apa yang mudah. Itulah mengapa jika Anda ingin sungguh-sungguh berbuat sesuatu yang efektif dalam hidup Anda, maka Anda harus belajar untuk beristirahat. Jika Anda tidak beristirahat, Anda tidak akan punya kekuatan mental, emosional, dan fisik untuk berkata, "Saya akan melakukan hal yang benar, bukan hal yang termudah."

Jangan sia-siakan hidup Anda. Jangan puas dengan yang terbaik kedua. Jangan menjalani hidup apa adanya. Anda tidak diciptakan hanya untuk mengikuti arus. Tuhan menciptakan Anda untuk melaksanakan suatu misi dan tujuan. Itu dimulai dengan bertanya, "Apakah yang saya lakukan adalah yang terbaik dalam hidup saya?"

Renungkan hal ini:
- Hal apa yang menyita sebagian besar waktu Anda?
- Seberapa besar hal-hal tersebut membantu Anda untuk menjalankan misi Anda dalam hidup?
- Apa yang bisa Anda ubah dalam jadwal dan prioritas Anda agar Anda bisa lebih banyak beristirahat?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yoel 1-3; Ibrani 4:1-13


Anda tidak punya waktu buat mengerjakan semuanya. Kabar baiknya adalah Tuhan tidak meminta Anda untuk melakukan segalanya. Jadi, jangan merasa bersalah oleh karena itu! Hanya ada beberapa hal yang layak untuk dilakukan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top