Doa Anda Punya Dampak

| Sabtu, November 14, 2020 |

1 Yohanes 5:15 "Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya."

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah doa Anda benar-benar bekerja? Saat Anda mendoakan sesuatu, Setan berbisik pada Anda, "Ini buang-buang waktu. Lupakan saja! Kau pikir kau siapa? Menurutmu apa yang sedang kau lakukan? Tuhan tidak mendengar. Jangan buang waktumu."

Dasar dari semua mujizat ialah kedaulatan-Nya. Mengapa Dia menjawab doa yang satu, tetapi tidak yang lain? Karena Tuhan memegang kendali. Kita harus percaya hikmat-Nya dan kebaikan-Nya.

Efesus 3:20 mengatakan, "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,"

Doa bisa melakukan apapun yang bisa Tuhan lakukan. Berkat-Nya tersedia buat Anda. Dua puluh kali dalam Perjanjian Baru dikatakan, "Mintalah." Sungguh sukacita besar mengetahui bahwa hal-hal yang di luar kendali kita bukanlah di luar kendali Tuhan. Mungkin saya tidak bisa mengubah situasi, tetapi saya bisa berdoa, dan Tuhan bisa mengubah hal itu.

Saya tahu persis apa yang Anda sedang pikirkan sekarang: "Jika saya bisa berdoa dan meminta Tuhan mengubah banyak hal, dan jika Tuhan benar-benar pegang kendali atas segalanya, mengapa saya tidak mendapatkan semua yang saya doakan?" Pertanyaan yang bagus. Berikut ini tiga alasannya:

Tuhan bukanlah jin. Anda tidak berdoa, kemudian serta merta mendapatkan apa pun yang Anda minta. Jika setiap doa dikabulkan, maka kita akan jadi anak yang manja. Apakah Anda memberi anak Anda semua yang mereka minta? Saya harap tidak. Anda tahu apa yang terbaik buat mereka. Anda bisa melihat gambaran yang lebih besar. Jika Anda bisa melihat gambaran yang lebih besar untuk anak-anak Anda, apalagi Tuhan? Ia dapat melihat gambaran yang jauh lebih besar dari Anda.

Kadang orang Kristen berdoa ketika menghadapi konflik. Jika dalam pertandingan Super Bowl ada dua orang Kristen mendoakan tim yang berbeda supaya menang, doa siapa yang akan dijawab Tuhan? Tentu saja Tuhan tidak bisa menjawab setiap doa pada waktu yang sama.

Namun menurut saya inilah alasan sebenarnya:

Tuhan tahu yang terbaik, sedangkan Anda tidak. Jika Anda menganggap bisa melakukannya, maka Anda sangat lancang. Alkitab mengatakan, "Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya" (1 Yohanes 5:14). Lihatlah ungkapan "menurut kehendak-Nya." Seperti inilah seharusnya Anda bersikap dalam berdoa: "Tuhan, inilah doa permohonanku, biarlah kehendak-Mu yang jadi." Seperti itulah Yesus berdoa dalam Lukas 22:42: "Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."

Renungkan hal ini:
- Mengapa fakta bahwa Tuhan itu baik dan berdaulat begitu penting adanya?
- "Doa bisa melakukan apapun yang Tuhan bisa lakukan." Bagaimana doa Anda mencerminkan apa yang Anda yakini tentang kedaulatan Tuhan?
- Bagaimana Anda dapat menunjukkan kepada Tuhan bahwa Anda ingin seturut dan memercayai kehendak-Nya, bukan pada kehendak Anda sendiri?


Bacaan Alkitab Setahun :
Hosea 1-5; Ibrani 2:5-18


Doa bekerja karena Tuhan berkuasa atas segalanya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top