Dosa Tumbuh dari Benih Keegoisan

| Selasa, November 03, 2020 |

Matius 24:12 "Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin."

Seseorang pernah bertanya kepada Yesus, "Perintah apa yang paling penting dalam Alkitab?" Dia menjawab, "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Bila itu adalah dua perintah Allah yang paling penting, maka ada kebalikannya — tidak mengasihi Tuhan dan tidak mengasihi sesama— itulah dosa. Dosa selalu tidak pengasih.

Matius 24:12 mengatakan, "Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin." Apakah Anda memperhatikan hal itu baru-baru ini? Kebanyakan orang menjadi lebih kritis, kurang sopan, dan menjadi lebih kasar dari sebelumnya. Mengapa? Karena seiring bertambahnya dosa, semakin berkurang kasih mereka.

Dosa itu tidak ada gunanya, tidak sehat, tidak adil, tidak bijak, tidak benar — dan dosa selalu bersifat egois.

Kita sering berkata pada diri sendiri bahwa kita melakukan sesuatu untuk kepentingan orang lain padahal sesungguhnya kita melakukannya untuk keuntungan diri kita sendiri. Alkitab berkata, "Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat" (Yakobus 3:16). Akar dari setiap dosa yaitu keegoisan.

Mengapa Anda ada di muka bumi ini? Tuhan tidak merancang Anda untuk hidup buat diri Anda sendiri. Anda diciptakan untuk sesuatu yang jauh lebih besar dari itu.

Anda diciptakan oleh Allah dan untuk Allah, dan apabila Anda belum memahami konsep itu, maka buat Anda kehidupan ini tidak akan pernah menjadi masuk akal. Tuhan tidak menciptakan Anda supaya Anda dapat memusatkan hidup Anda pada diri Anda sendiri dan mengesampingkan orang lain. Anda diciptakan untuk mengenal Tuhan, menikmati hadirat-Nya, menjalin persahabatan dengan Dia, melayani Dia, dan memusatkan hidup Anda pada-Nya.

Apa pun yang menjadi pusat kehidupan Anda ialah tuhan atas diri Anda, baik itu ruumah Anda atau bisnis Anda atau olahraga atau seseorang.

Tuhan ingin Anda memusatkan hidup Anda pada-Nya, tetapi dosa akan selalu mengembalikan fokus Anda kepada diri Anda. Pilihlah kasih.

Renungkan hal ini:
- Apakah Anda melayani Tuhan, atau apakah ada tuhan-tuhan lain yang berada di tempat pertama hidup Anda? Apa pendapat orang lain tentang siapa atau apa yang paling Anda sembah atau agungkan?
- Apakah Anda mengalami ketenangan atau malah kecemasan karena mengetahui bahwa Anda diciptakan untuk tujuan yang dirancangkan Tuhan? Mengapa?
- Bagaimana mungkin kita dapat mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatan kita? Seperti apakah pengaplikasiannya dalam hidup kita?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 23 - 26; II Timotius 2: 14-26


Dimana ada kasih yang melimpah, keegoisan tidak akan tumbuh.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top