Hanya Tuhan Yang Dapat Memenuhi Semua Kebutuhan Anda

| Jumat, November 27, 2020 |

Yakobus 4: 2 "Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa."

Salah satu penyebab pertengkaran terbesar dalam keluarga Anda, teman-teman Anda, atau di tempat kerja Anda adalah karena Anda mengharapkan orang-orang di sekitar Anda untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup Anda yang hanya dapat dipenuhi oleh Tuhan. Hal ini sering kali terlihat paling jelas dalam pernikahan. Anda menemukan orang yang bisa Anda percayai dan yang mengenal Anda dengan baik. Kemudian, Anda mulai mencari mereka untuk memenuhi apa yang Anda butuhkan secara secara emosional dan spiritual.

Adalah wajar jika orang menikah dan menganggap bahwa pasangan mereka harus dan akan melengkapi segala kebutuhan mereka. Bagaimanapun, Anda memang harus saling melengkapi, bukan? Namun, itu tidak realistis, tidak adil, dan hanya akan membuat Anda frustasi! Pasangan Anda bukanlah Tuhan. Teman Anda bukanlah Tuhan. Rekan kerja Anda bukanlah Tuhan. Tak satu pun dari mereka yang mengenal Anda sedalam Tuhan. Tak satu pun dari mereka yang dapat memenuhi kebutuhan Anda seperti Dia. Mereka hanya manusia pendosa, sama seperti Anda dan saya!

Inilah saatnya untuk mengubah ekspektasi Anda, sehingga rasa frustrasi Anda tidak menyebabkan lebih banyak konflik dan pertengkaran dalam hubungan Anda.

Karena itu, apa yang harus Anda lakukan ketimbang mencari orang lain untuk memenuhi setiap kebutuhan emosional, spiritual, dan jasmani yang Anda miliki? Anda harus mendoakannya.

"Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa" (Yakobus 4: 2). Ketika Anda mengharapkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan Anda, alih-alih Tuhan, maka itu akan menyebabkan Anda frustrasi. Dan rasa frustrasi menyebkan pertengkaran. Bila Anda tidak berdoa dan meminta Tuhan untuk memenuhi apa yang Anda butuhkan, maka Anda hanya akan membuang lebih banyak waktu untuk menuntut orang lain untuk melengkapi apa yang Anda butuhkan. Anda tidak memilikinya karena Anda belum memintanya kepada Tuhan!

Jika Anda memiliki sebuah kebutuhan, jangan datang mencari pasangan Anda atau teman Anda terlebih dahulu. Datanglah kepada Tuhan dahulu.

Renungkan hal ini:
- Apa beberapa kebutuhan yang selama ini Anda harapkan ada pada pasangan Anda namun ternyata menyebabkan kekecewaan? Bagaimana dengan sahabat Anda? Rekan kerja Anda?
- Kebutuhan apa yang Anda mau Tuhan sediakan dalam hidup Anda? Selama ini bagaimana doa Anda mencerminkan iman Anda kepada-Nya dalam menyediakan kebutuhan Anda tersebut?
- Menurut Anda mengapa Tuhan ingin Anda mendoakan kebutuhan Anda padahal Dia sudah tahu apa yang Anda butuhkan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 4:1-5 ; Ibrani 10:19-39


Tuhan sudah tahu apa yang Anda butuhkan, dan Dia siap memberikannya untuk Anda. Anda hanya perlu memintanya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top