Siapa yang Mengendalikan Masa Depan Anda?

| Kamis, November 26, 2020 |

Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Salah satu ketakutan terbesar yang Anda hadapi dalam hidup ini adalah ketakutan akan masa depan. Anda takut akan masa depan keluarga Anda, teman Anda, pekerjaan Anda, komunitas Anda — dan hal-hal lainnya yang luput dari perhatian Anda. Itu wajar. Anda tidak pegang kendali atas masa depan Anda. Namun jika Anda telah menyadari kebenaran itu, maka itu seharusnya dapat mendorong Anda untuk mempercayai Tuhan lebih dalam.

Anda memang tidak pegang kendali atas masa depan Anda, tetapi Tuhan iya. Dia menciptakan seluruh alam semesta. Jika Tuhan mau, Dia bisa saja menghilang sekejap. Tetapi sebaliknya, Dia tak pernah absen mengerjakan rancangan-Nya dalam sejarah. Dia menggerakkan sejarah menuju titik puncaknya, takdir. Suatu hari Yesus Kristus akan datang kembali ke Bumi. Tidak ada yang dapat menghentikan itu.

Sama seperti Tuhan yang bekerja dalam sejarah untuk menggerakkan peristiwa-peristiwa menuju suatu momen tertentu, Dia akan bekerja di dalam hidup Anda untuk suatu tujuan juga — jika Anda membolehkan Dia.

Alkitab berkata, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah" (Roma 8:28).

Firman Tuhan tidak mengatakan bahwa segala sesuatunya itu akan baik-baik saja. Firman-Nya juga tidak mengatakan bahwa Tuhanlah penyebab segalanya. Dia tidak menyebabkan perang. Dia tidak menyebabkan kanker. Dia tidak menyebabkan pemerkosaan, pelecehan, atau penganiayaan. Dia tidak menyebabkan kejahatan. Manusialah penyebabnya. Tuhan memberi manusia kebebasan untuk memilih. Dan kejahatan adalah harga yang harus dibayar dari kebebasan itu.

Tetapi Alkitab memang mengatakan bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan. Dia bisa menggunakan keputusan bodoh, jahat, atau buruk yang pernah Anda buat dalam hidup Anda dan memakainya untuk mendatangkan kebaikan, apabila Anda percaya pada-Nya. Roma 8:28 bukanlah janji untuk semua orang. Janji ini ditujukan bagi "mereka yang mengasihi Allah." Janji ini untuk mereka yang percaya pada-Nya dan berseru, "Ini Tuhan, ambillah semua kepingan hidupku dan satukanlah itu kembali."

Itulah sebabnya, ketika saya membaca berita utama di halaman depan surat kabar setiap hari, saya tidak khawatir. Memang, ada banyak masalah yang terjadi di dunia ini saat ini. tetapi Tuhan masih pegang kendali. Tuhan masih menggerakkan sejarah dunia menuju klimaksnya. Dan Tuhan masih menggerakkan umat-Nya menuju rancangan-Nya yang terbaik buat mereka.

Karena Tuhan memegang kendali, Anda dapat mempercayakan semua hal kepada-Nya— termasuk yang baik, yang buruk, maupun yang terjelek dalam hidup Anda.

Renungkan hal ini :
- Bagaimana dengan mengetahui bahwa Tuhan pegang kendali membantu Anda untuk mempercayai-Nya dengan lebih baik?
- Bagaimana selama ini Anda telah melihat Tuhan menggunakan keputusan Anda yang buruk untuk mendatangkan sesuatu yang baik?
- Ketakutan apa tentang masa depan yang bisa Anda serahkan kepada Tuhan hari ini?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 3; Ibrani 10:1-18


Suatu hari Dia akan menyatukan segala sesuatunya untuk menggenapi rancangan-Nya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top