Anda Masih Bisa Membuat Rencana di Masa Pandemi

| Selasa, November 24, 2020 |

Yakobus 1: 5 "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya."

Tidak ada salahnya membuat rencana, bahkan di masa pandemi yang tidak menentu ini. Namun, jika Anda menginginkan berkat Tuhan dalam rencana Anda tersebut, penting untuk menyertakan Dia dalam perencanaan Anda.

Kitab Yakobus memberi kita sebuah janji dalam hal merancangkan sesuatu. Dikatakan, "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya" (Yakobus 1: 5).

Inilah bagian dari merendahkan hati di hadapan Tuhan. Anda tidak perlu bertanya-tanya apa yang hendak Dia lakukan dengan hidup Anda. Yang hanya perlu Anda lakukan ialah mendoakannya! Tuhan selalu siap memberi Anda hikmat yang Anda butuhkan untuk membuat rencana-rencana yang baik.

Kita hidup di zaman yang unik di mana Anda mungkin merasa sebagian besar bidang kehidupan Anda tengah berada dalam ketidakpastian. Mungkin saat ini Anda merasa tidak bisa membuat rencana apa pun atau merasa terjebak di tengah situasi yang tak menentu seperti sekarang ini. Bahkan mungkin Anda belum membuat rencana apa pun karena satu-satunya gol Anda saat ini adalah hanya ingin melewati masa pandemi ini.

Namun, seiring dengan masa pandemi yang kian hari kian mengulur, tentunya Anda tidak ingin menyia-nyiakan minggu-minggu atau berbulan-bulan ini! Mungkin saat ini waktu terasa berhenti, tetapi rancangan-rancangan Tuhan selalu bergerak maju. Dan saya tidak ingin Anda melewatkan kesempatan itu.

Meskipun ada banyak hal yang tidak dapat Anda kendalikan selama masa pandemi ini, tetapi ada banyak hal juga yang bisa Anda kendalikan. Saya menantang Anda untuk menyisihkan satu jam di minggu ini untuk membuat rencana-rencana yang disertai dengan doa yang sungguh-sungguh buat sisa tahun ini. Itu boleh jadi berupa rencana untuk pertumbuhan rohani, keluarga, pelayanan, keuangan, atau karier Anda. Apa pun yang ingin Anda bicarakan dengan Tuhan, luangkan waktu untuk mencari hikmat Tuhan dan putuskan beberapa gol yang hendak Anda capai.

Anda bisa mulai dengan berdoa, "Tuhan, apa yang Engkau ingin saya kerjakan di sisa tahun ini? Apa yang Engkau ingin saya lakukan dengan hidup saya? Apa kehendak-Mu, Tuhan? Berikanlah saya hikmat-Mu agar saya dapat melayani Engkau dengan baik sembari saya mewujudkan rancangan saya."

Renungkan hal ini:
- Jika saja Anda sudah tahu bahwa Anda akan berhasil, apa yang seharusnya Anda lakukan dengan iman?
- Bagaimana masa pandemi ini telah membuat rencana Anda keluar jalur? Hari ini, langkah apa yang bisa Anda buat untuk mengembalikan rencana Anda tersebut pada jalurnya?
- Menurut Anda apa yang Tuhan ingin Anda capai di tengah masa pandemi ini?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 2:1-11 ; Ibrani 8


Tuhan berjanji akan memberi Anda hikmat saat Anda berencana. Anda hanya perlu meminta kepada-Nya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top