Sebelum Anda Menghakimi Orang Lain, Dengarkanlah dengan Kasih

| Senin, November 23, 2020 |

Yohanes 7:51 "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?"

Akan sulit untuk menghakimi orang lain ketika Anda mencoba untuk mendengarkan dengan kasih, kejujuran, ketulusan, dan keadilan. Yakobus 1:19 berkata, "Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;" Dengarkan dulu sebelum Anda menghakimi orang lain.

Suatu ketika orang Farisi mencoba menghakimi Yesus tanpa membiarkan Dia berbicara atau menjelaskan. Mereka tidak ingin mendengar cerita dari sisi-Nya. Tetapi Nikodemus, salah seorang dari mereka angkat bicara dan berkata, "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?" (Yohanes 7:51).

Sudah berapa kali Anda menghakimi seseorang — anak Anda, pasangan Anda, tetangga Anda, musuh Anda — tanpa mendengarkan cerita mereka terlebih dahulu? Pernahkah Anda mendapati diri Anda memperlakukan seseorang dengan cara sama seperti orang Farisi memperlakukan Yesus?

Ketika Anda merasakan dorongan untuk menghakimi seseorang, berhentilah dan tarik napas. Tahan napas jika perlu — jika itu yang harus Anda lakukan untuk mendengarkan sebelum Anda berbicara. Apabila Anda tidak mendengarkan terlebih dahulu, maka Anda sedang melakukan dosa, yaitu menghakimi orang lain.

Apakah menurut Anda ada sesuatu yang perlu dibuka dari kehidupan seseorang? Itu mungkin bukan hak Anda untuk mengeksposnya. Biarkan Tuhan yang mengurusnya. Tugas Anda ialah mendengarkan mereka terlebih dulu. Cobalah untuk memahami sebelum menghakimi pergumulan seseorang.

Yesus berkata, "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu" (Matius 7: 1-2).

Renungkan hal ini:
- Menurut Anda mengapa banyak orang menganggap bahwa mereka lebih baik dari Tuhan dalam hal menilai dan menghakimi orang lain?
- Bagaimana dengan mendengarkan orang yang Anda cintai sebelum Anda menilai mereka membantu Anda untuk benar-benar memahami mereka?
- Apa satu hal yang bisa Anda praktikkan di tengah percakapan Anda dengan orang lain agar Anda bisa menjadi seorang pendengar yang lebih baik?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 1:8-16 ; Ibrani 7:11-28


Perlakukan orang lain seperti Anda ingin mereka memperlakukan Anda. Dengarkan dengan cinta kasih, dan biarkan Tuhan yang menjadi hakim.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top