Berikan Perhatian Anda

| Rabu, November 05, 2014 |

Filipi 2:4 "Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga."

Kita hidup di dunia yang acuh tak acuh. Semua orang seakan-akan punya gangguan Attention Deficit Disorder (ADD), karena gadget dan teknologi terus-menerus mengganggu kita, dan membuat kita tak lagi memperhatikan orang-orang di sekitar kita. 

Saat Anda memasuki ruangan rapat, berapa banyak orang yang duduk menatap layar telepon genggam mereka sambil asyik mengetik pesan? Kepala kita selalu menunduk, kita tenggelam dalam video atau game, dan telinga kita yang tersumpal dengan eraphone mencegah kita untuk tidak mendengarkan orang-orang di sekeliling kita. Seberapa sering Anda mendapati ketika makan di restoran bersama teman-teman Anda, Anda lebih peduli dengan "teman-teman" Anda di Facebook atau di Twitter?

Jika Anda ingin memiliki hubungan yang lebih bahagia, Anda perlu belajar seni memperhatikan, dan lihat akibat buruk dari kurang memperhatikan. 

Alkitab mengatakan dalam Filipi 2:4, "Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga."

Memperhatikan orang lain sebenarnya bukan sifat dasar manusia. "Sebenarnya, aku tak peduli dengan apa pun yang kau kerjakan. Sebenarnya, aku yang ingin diperhatikan, bukan kau."

Namun hadiah terbesar yang bisa Anda berikan pada seseorang ialah perhatian Anda, sebab perhatian Anda adalah waktu Anda, dan waktu Anda adalah hidup Anda. Begitu Anda memberikannya, Anda tak akan bisa mendapatkannya kembali, dan itulah mengapa betapa berharganya memberikan perhatian. 

Ini satu alat yang sederhana tapi manjur dalam memelihara relasi yang kuat. Apakah Anda tertarik dengan minat anak Anda? Apakah Anda mendengarkan apa yang pasangan Anda ucapkan? Apakah Anda memperhatikan rekan kerja Anda saat mereka berbicara pada Anda? Apakah Anda memperhatikan tetangga Anda saat berpapasan dengannya di pagi hari? 

Renungkan hal ini: 

Bagaimana media sosial menahan Anda dalam membangun hubungan dengan keluarga Anda atau rekan sekerja Anda?

Cara-cara apa yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari orang-orang di sekitar Anda hari ini? 

Bagaimana Anda memperlihatkan kepada orang lain bahwa Anda benar-benar memperhatikan apa yang mereka ucapkan atau lakukan?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 6-11; I Timotius 5

Belajar seni memperhatikan adalah sebuah tindakan kasih. Ini akan mengubah hubungan Anda, dan membantu Anda hidup bahagia. (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top