Apakah Tuhan Hutang Penjelasan pada Kita?

| Rabu, Desember 13, 2017 |
Ratapan 3: 4-6, 8 "Ia menyusutkan dagingku dan kulitku, tulang-tulangku dipatahkan-Nya. Ia mendirikan tembok sekelilingku, mengelilingi aku dengan kesedihan dan kesusahan. Ia menempatkan aku di dalam gelap seperti orang yang sudah lama mati. Walaupun aku memanggil-manggil dan berteriak minta tolong, tak didengarkan-Nya doaku."

Kita semua mengalami saat dimana hidup kita terasa runtuh. Kita kehilangan pekerjaan kita. Hubungan kita dengan seseorang hancur. Orang yang kita sayang meninggal. Kesehatan kita memburuk.

Di masa-masa itu, kita tergoda untuk berpikir bahwa Tuhan telah meninggalkan kita. Tapi percayalah, Dia tidak akan pernah sekalipun meninggalkan kita. 

Itulah yang dirasakan Nabi Yeremia saat ia menulis buku Ratapan. Bangsanya, Yehuda, pada saat itu sedang mengalami masalah ekonomi dan diteror oleh musuh-musuh dari bangsa asing. Dia menyaksikan penghinaan luar biasa yang dilakukan terhadap bangsanya. Orang-orang tak bisa mendapatkan pekerjaan dan kelaparan sampai mati.

Lalu dari mana Yeremia mulai? Dia menumpahkan semua yang ia rasakan kepada Allah. Dalam Ratapan 3: 4-6, 8, Yeremia berkata: "Ia menyusutkan dagingku dan kulitku, tulang-tulangku dipatahkan-Nya. Ia mendirikan tembok sekelilingku, mengelilingi aku dengan kesedihan dan kesusahan. Ia menempatkan aku di dalam gelap seperti orang yang sudah lama mati. Walaupun aku memanggil-manggil dan berteriak minta tolong, tak didengarkan-Nya doaku."

Apakah mengejutkan Anda bahwa kata-kata ini ada di dalam Alkitab? Yeremia juga merasa bahwa saat itu Allah telah melupakannya. Tapi Yeremia tidak mengabaikan apa yang dia rasakan. Dia tidak mempermanis situasi yang terjadi. Dia mengatakan kepada Allah apa yang ada di dalam hatinya. Bahkan, Yeremia menulis lima bab untuk menuangkan apa yang dipikirkannya tentang keadaan bangsanya saat itu. Dia mengatakan kepada Allah, "Ini memuakkan." 

Mengapa Tuhan menempatkan bab yang berisi keluhan kepada-Nya ini di dalam Alkitab? Tuhan ingin Anda tahu bahwa Dia bisa mengatasi kemarahan Anda, keluhan Anda, dan kesedihan Anda. Yeremia menghabiskan seluruh kitab ini dengan mengeluarkan isi hatinya kepada Tuhan. Jika Tuhan saja dapat melenyapkan rasa sakit Yeremia, apalagi rasa sakit Anda!

Jika Anda memendam rasa sakit Anda, Anda justru hanya akan melukai diri sendiri. Anda akan diperbudak oleh kepedihan Anda!
Oleh sebab itu, serahkan beban Anda kepada Tuhan.

Waktu anak-anak saya masih kecil, mereka sering sekali ngambek. Tapi amukan mereka tidak pernah membuat kasih sayang saya berkurang. Mereka tidak membuat saya meragukan keputusan saya untuk menjadi seorang ayah. Mereka tidak membuat saya merasa tidak seperti seorang ayah.

Justru rengekan dan amarah mereka mengingatkan saya bahwa anak-anak saya belum dewasa. Mereka tidak tahu apa yang saya tahu.

Kasih Tuhan tidak berkurang atas Anda saat Anda merengek atau protes kepada-Nya. Dia tidak berutang satu penjelasan apapun kepada Anda, tapi Dia tidak pernah takut dengan apa yang akan Anda katakan kepada-Nya.
Maka katakan pada-Nya. Ini akan menjadi awal penyembuhan Anda.

Renungkan hal ini:
- Apa yang terjadi dalam hidup Anda sehingga Anda takut untuk berbicara soal hal ini dengan Tuhan?
- Mengapa sulit untuk jujur kepada Tuhan tentang pergumulan kita?
- Cobalah menulis surat kepada Tuhan tentang pergumulan Anda. Mungkin akan lebih mudah untuk Anda mengatakanya kepada Tuhan dengan cara menuliskannya.



Bacaan Alkitab Setahun :
Hagai 1; Wahyu 1


Jangan pernah mempertanyakan maksud Tuhan, apa yang Dia lakukan selalu benar dan mempunyai maksud baik untuk Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top