Coba Tuliskan Doa Anda

| Rabu, April 18, 2018 |
Habakuk 2: 2 "Lalu TUHAN menjawab aku, demikian: "Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya."

Jika Anda ingin mendengar Tuhan berbicara, Anda perlu menyendiri di tempat tenang, nantikan Tuhan dengan sabar dan dengan penuh harap, minta Dia untuk memberi Anda gambaran apa yang hendak Dia katakan pada Anda, dan kemudian tuliskan respon Tuhan atas pertanyaan-pertanyaan Anda.

Dalam kitab Habakuk, Allah memerintahkan si penulis untuk "tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya" (Habakuk 2: 2).

Begitulah bagaimana kita mendapatkan kitab Habakuk. Di bab satu, Habakuk menuliskan apa yang ia katakan kepada Allah. Dan di bab dua, dia menuliskan apa yang Allah katakan kepadanya.

Begitu pula bagaimana kita mendapatkan kitab Mazmur; banyak dari mazmur tersebut didapat langsung dari waktu teduh Daud. Daud mencintai dan merenungkan Taurat Allah, dan kemudian ia menuliskan pemikirannya, yang kemudian disebut mazmur. Di sebagian besar mazmurnya, Daud mulai dengan menuliskan apa yang ia rasakan dan kemudian mengakhirinya dengan menuliskan Firman Allah. 

Jika saat ini kehidupan doa Anda bersifat monoton dan Anda cenderung mendoakan hal yang sama berulang kali - "Tuhan, sertai orang ini" atau "Berkati makanan ini agar menjadi berkat bagi tubuh kami" - maka inilah yang perlu Anda lakukan : Mulailah menuliskan doa Anda.

"Apa? Maksud Anda, saya tidak perlu mengucapkannya? "Benar sekali! Itu juga doa. Tuhan dapat mendengar doa yang ada di dalam pikiran Anda. Cobalah untuk menuliskannya.

Apakah saya tetap bisa menuliskan doa saya dan kemudian membacanya? Tentu saja. Saat Anda menuliskannya, artinya Anda sedang berdoa. Saat Anda membacanya, artinya Anda sedang berdoa.

Menuliskan doa di dalam bentuk jurnal merupakan sebuah kebiasaan spiritual, dan itu adalah salah satu kebiasaan yang harus dipahami dan dipraktikkan oleh semua orang Kristen.

Jurnal berbeda dengan buku harian. Buku harian berisikan hal-hal yang telah Anda lakukan. Jurnal berisikan pelajaran yang telah Anda pelajari - kesalahan yang telah Anda buat dan apa yang telah Tuhan ajarkan kepada Anda melalui hal-hal itu. 

Renungkan hal ini: 

- Apa saja cara-cara mencatat yang berbeda, selain dengan kertas dan pena, yang lebih nyaman buat Anda?
- Apa saja yang telah Tuhan ajarkan kepada Anda yang Anda bisa Anda catat hari ini?
- Mulailah doa Anda dengan menuliskan jawaban Anda dari pertanyaan berikut ini: Apa sifat-sifat Tuhan yang Anda sukai? Siapa di dalam hidup Anda yang membutuhkan campur tangan Tuhan? Kebutuhan apa yang Anda minta Tuhan berikan kepada Anda? Apa saja yang bisa Anda syukuri hari ini?


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Samuel 3-5; Lukas 14:25-35


Maknai setiap kata yang Anda doakan ,doa adalah perkataan Anda langsung pada Tuhan. 
Seringkali apa yang Anda ucapkan dalam doa tidak sepenuh hati kita mohonkan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top