Surga Mengubah Seluruh Cara Hidup Kita

| Minggu, April 15, 2018 |
Ibrani 11: 15-16 "Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ. Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka."

Surga mengubah segalanya tentang cara Anda hidup hari ini. Jika arah hidup Anda adalah Surga (saya harap begitu, setelah Anda membaca renungan ini), maka kebenaran ini seharusnya mempengaruhi cara Anda hidup di muka Bumi ini. 

Sistem nilai Anda juga akan berubah. Anda tak akan lagi hidup untuk saat ini dan tinggal di Bumi ini, melainkan untuk kekekalan Surga. Anda pun bisa menjalani hidup dengan mengetahui bahwa masa depan Anda dijamin oleh Allah. Apa pun yang terjadi di Bumi ini, Anda akan menghabiskan kekekalan Anda bersama Allah di tempat yang lebih menakjubkan dibanding di mana pun tempat yang pernah Anda datangi seumur hidup Anda. 

Lalu bagaimana seharusnya Anda menjalani hidup setelah Anda tahu bahwa tujuan kekal Anda adalah Surga?

1. Jangan teralihkan oleh karena godaan-godaan. "Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa" (1 Petrus 2:11). 

Ada banyak hal yang bisa mengacaukan Anda- baik itu hal yang baik atau yang buruk. Tetaplah fokuslah pada Surga. Janganlah tergoda oleh kesenangan sesaat. Zaman sekarang, masyarakat kita mencoba untuk memaksa Anda melakukan yang sebaliknya. Tetaplah fokus pada apa yang ada di depan. 

2. Jangan berkecil hati oleh karena masalah yang ada. "Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal" (2 Korintus 4:18). Ketika Anda hidup dalam cahaya Surga, masalah tidak akan mengganggu Anda lagi. Anda sendiri sudah tahu bahwa masalah tidak akan bertahan selamanya, oleh karena janganlah menyerah. 

3. Fokuskan energi Anda pada apa yang akan bertahan selamanya. "Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi" (Kolose 3: 2). Wujudkan rancangan Tuhan untuk hidup Anda. Jalani hidup sebagai ibadah. Bangun hubungan dengan orang-orang percaya. Investasikan waktu Anda untuk menjadi lebih seperti Yesus, melalui pemuridan. Layani orang lain dengan tulus. Ceritakan kepada orang-orang tentang Yesus. Kegiatan-kegiatan inilah yang akan bertahan selamanya. 

Renungkan hal ini: 
- Apa godaan-godaan yang paling mengalihkan Anda untuk bisa fokus pada kekekalan Surga?
- Apa saja hal-hal "baik" yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari apa yang Tuhan ingin lakukan melalui Anda?
- Masalah jangka pendek apa yang membuat Anda stres saat ini? Bagaimana dengan memfokuskan diri Anda pada kekekalan Surga mengubah perspektif Anda tentang hidup?


Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 25-26; Lukas 12:32-59


Surga Mengubah Seluruh Cara Hidup Kita
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top