Berkat Membutuhkan Perencanaan yang Teliti

| Kamis, Agustus 02, 2018 |
Amsal 21: 5 "Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan."

Jika Anda ingin menjadi kuat secara finansial, maka Anda harus mulai menuliskan apa yang Anda belanjakan sampai Anda tahu kemana perginya semua uang Anda. Inilah prinsip akuntansi. Anda harus mengetahui jejak keuangan Anda!

Amsal 21: 5 mengatakan, "Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan." Jika Anda tidak memiliki cukup uang, berarti Anda tidak merencanakannya dengan teliti. Anda tak bisa menyalahkan siapa pun selain diri Anda sendiri.

Anda mungkin berkata, "Tetapi saya punya kebutuhan yang mendesak!" Setiap orang memilikinya. Orang-orang yang dipecat atau yang memiliki pengeluaran tak terduga. Bedanya antara orang yang berhasil melalui itu semua dengan mereka yang gagal yaitu bagaimana mereka telah lebih dahulu merencanakan untuk menghadapi keadaan darurat tersebut. Jika Anda tidak merencanakannya, tentu saja Anda akan hancur oleh keadaan. 

Pernahkah Anda tiba di akhir bulan dan bertanya-tanya, "Ke mana lenyapnya semua uang saya?" Ketidaktahuan akan kondisi keuangan Anda ditambah mudahnya Anda belanja dengan kartu kredit adalah sama saja dengan bencana. Anda pasti pernah mendengar ungkapan "Uang yang berbicara." Itu salah. Uang diam-diam meninggalkan Anda, dan ia tidak memberi tahu Anda ke mana perginya. Maka itu, Anda harus mencatatnya dengan baik, sehingga Anda tahu ke mana perginya uang Anda. 

Berikut ini empat hal yang harus Anda catat: harta Anda, hutang Anda, penghasilan Anda, dan pengeluaran Anda. Ada beberapa cara untuk mengatur keuangan, dan Anda bisa mencari tahu mana yang terbaik untuk Anda. Anda bisa belajar secara online, mendatangi bank Anda, mendatangi kantor akuntan Anda, memeriksa buku tabungan Anda, mempelajari buku-buku keuangan - apa pun itu yang dibutuhkan untuk melacak dan memahami keuangan Anda sehingga itu membantu untuk Anda untuk mengaturnya.

Amsal 23: 5 mengatakan, "Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali." Itu gambaran tentang uang yang cukup deskriptif. Bila Anda tak tahu kemana perginya uang Anda, maka ia akan terbang bagaikan rajawali. 

Renungkan hal ini:
- Jika Anda sudah menikah, apakah Anda dan pasangan Anda berada pada pemikiran yang sama soal keuangan dan seberapa banyak Anda berdua paham akan hal itu? Mengapa penting untuk mengatur keuangan bersama-sama?
- Langkah-langkah apa yang perlu Anda ambil hari ini untuk bisa melacak dan mengalokasikan uang Anda dengan lebih baik? Bagaimana Anda ingin Tuhan memberkati Anda secara finansial? Bagaimana Anda akan lebih setia kepada-Nya?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 60-62; Roma 5


Anda dipercaya Tuhan menjadi saluran berkatNya. Apakah Anda telah menyalurkan kepercayaan Tuhan dengan baik?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top