Anda Tak Harus Hidup Dengan Rasa Bersalah

| Jumat, April 26, 2019 |
Amsal 28:13 "Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi."

Tuhan selalu siap memberi Anda kesempatan baru. Itulah dasar Kekristenan. Kita semua pasti pernah tidak bertanggung jawab. Kita semua orang berdosa. Alkitab memberitahu kita, "Sesungguhnya, di bumi tidak ada orang yang saleh: yang berbuat baik dan tak pernah berbuat dosa!"(Pengkhotbah 7:20).

Tuhan tidak ingin Anda hidup dengan rasa bersalah yang dalam akibat dari ketidakbertanggungjawaban di dalam hidup Anda. Rasa bersalah menghancurkan kepercayaan diri Anda, merusak hubungan Anda, membuat Anda terjebak di masa lalu, dan bahkan membahayakan kesehatan Anda. Saya pernah membaca sebuah penelitian beberapa tahun lalu yang mengatakan bahwa 70 persen orang pasien sebenarnya bisa keluar dari rumah sakit apabila mereka tahu cara mengatasi rasa bersalah mereka.

Tuhan ingin yang jauh lebih baik buat hidup Anda. Tentunya Anda tak ingin hidup dengan rasa bersalah, bukan? Maka, inilah satu kebenaran penting yang harus kita pegang teguh: Anda tidak perlu merasa bersalah. 

Bagaimana cara melakukannya? 

Akuilah kepada Tuhan bahwa Anda telah melakukan kesalahan. Kesalahan Anda tidak akan mengejutkan-Nya. Dan itu pun tidak akan mengubah persepsi-Nya tentang Anda. Saya berdoa agar Anda bersedia mengambil keputusan ini. Jika Anda bersedia, maka kemudian harapkan hal-hal berikut ini dari Tuhan:

1. Tuhan langsung mengampuni. Saat Anda mengakui dosa Anda kepada Allah, maka saat itu juga Ia mengampuni Anda.

2. Tuhan mengampuni dengan cuma-cuma. Anda tak perlu berusaha mendapatkan pengampunan-Nya. Mengapa? Sebab tanpa belas kasih-Nya, Anda tidak akan pernah layak menerimanya. 

3. Tuhan mengampuni sepenuhnya. Ia membersihkan dosa Anda sepenuhnya.

Apabila Anda mudah terperosok ke dalam rasa bersalah dan malu, kemungkinan besar Anda akan terjebak di dalam masalah apapun yang Anda punya. Anda akan mengatakan pada diri Anda sendiri bahwa Andalah penyebabnya, Anda bodoh. Karena Anda sudah menganggap diri Anda bodoh, maka Anda yakin Anda akan terus merasa bersalah. Inilah lingkaran jahat yang sering kali tidak bisa kita putus - tidak dengan kekuatan kita sendiri.

Anda butuh kekuatan yang di luar Anda. Anda butuh Sang Juru Selamat. Anda butuh Yesus.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana selama ini Anda melihat rasa bersalah mempengaruhi orang lain secara fisik, emosional, mental, dan spiritual?
- Apa yang membuat Anda tidak meminta Tuhan untuk mengampuni Anda?
- Apa yang perlu Anda mintai pengampunan kepada Tuhan hari ini?



Bacaan Alkitab Setahun :
2 Samuel 23-24; Lukas 19:1-27


Tuhan ingin Anda hidup berpegang pada janji dan pengharapan-Nya. Bahkan Dia dapat mendatangkan yang baik dari setiap keputusan bodoh yang Anda buat dalam hidup Anda apabila Anda bersedia menyerahkan rasa bersalah Anda. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top