Ketika Anda Menunggu, Tuhan Sedang Bekerja di Dalam Anda

| Jumat, Desember 13, 2019 |
Ketika Anda Menunggu, Tuhan Sedang Bekerja di Dalam Anda

Ulangan 8: 2 "Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak."

Jika setiap doa dijawab dengan segera, jika setiap kebutuhan dipenuhi dengan segera, jika setiap masalah terselesaikan secara otomatis, iman Anda tidak akan pernah terbentang, Anda akan jadi manja. Anda tidak memerlukan iman lagi!

Kita hanyalah manusia, dan sifat dasar kita adalah tidak suka menunggu. Kita benci itu! Kita tidak suka menunggu di ruangan dokter atau menunggu di antrean supermarket, menunggu lampu hijau menyala, apalagi, menunggu makanan di restoran!

Namun hidup ini penuh dengan penantian. Bangsa Israel harus belajar menerima kenyataan ini. Ulangan 8: 2 mengatakan, "Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak." Perjalanan yang dilakukan oleh bangsa Israel dari Mesir ke Israel seharusnya hanya memakan waktu beberapa minggu. Tapi mereka butuh waktu 40 tahun! Mereka berputar-putar di padang gurun, karena ketidaktaatan mereka pada Allah. Saat mereka mengalami penundaan demi penundaan, sesungguhnya Allah sedang menguji mereka. Dia ingin melihat iman seperti apa yang mereka miliki.

Apakah Anda pernah merasa sudah buru-buru, tetapi merasa Tuhan tidak bekerja dengan cepat? Waktu Tuhan itu sempurna, tetapi seringkali waktu-Nya tidak sesuai dengan waktu kita. Ketika kita terburu-buru, kita selalu mengajukan pertanyaan "kapan." "Tuhan, kapan aku akan mendapatkan pekerjaan lagi?" "Kapan aku akan menemukan jodohku?" "Kapan aku akan memiliki bayi?" "Kapan aku akan sembuh?" Kapan Engkau akan menjawab doaku?"

Mungkin saat ini Anda tengah berada di ruang tunggu Tuhan, dan Itu bukan sesuatu yang menyenangkan. Tetapi itu merupakan waktu yang penting untuk membangun iman Anda.

Alkitab berkata dalam Yesaya 64: 4, "Tidak ada telinga yang mendengar, dan tidak ada mata yang melihat seorang allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan dia; hanya Engkau yang berbuat demikian." Itu artinya ketika Anda menunggu, Tuhan sedang bekerja. Anda mungkin tak dapat melihatnya. Itu mungkin ada di belakang layar. Tetapi sambil Anda menunggu jawaban doa Anda, sambil mengharapkan keadaannya berubah, Tuhan sedang bekerja — dan Dia bekerja di dalam Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana dengan mempraktikkan kesabaran di tengah masa penantian membantu Anda untuk tumbuh di dalam iman?
- Mengapa sikap Anda ketika menunggu waktu Tuhan untuk melakukan sesuatu dalam hidup Anda amatlah penting?
- Apa hal paling sulit dalam hal menunggu? Kapan masa pertumbuhan spiritual terhebat yang pernah terjadi dalam hidup Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Zakaria 1:1-6; Wahyu 3


Allah menggunakan penundaan untuk menguji kita, untuk melihat iman seperti apa yang kita punya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top