Sudah Selesai

| Rabu, April 08, 2020 |


Yohanes 19:28, 30 "Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia--supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci--:"Aku haus!" Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya."

Satu-satunya orang yang telah menyelesaikan misi hidupnya sebelum mati adalah Yesus.

Dalam Yohanes 4:34, Yesus berkata, "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya."

Puji syukur demi Anda dan saya, Yesus telah menyelesaikan pekerjaan yang diberikan Allah kepada-Nya tepat sebelum Dia mati di kayu salib pada Jumat Agung. Alkitab berkata, "Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia--supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci--:"Aku haus!" Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya"(Yohanes 19:28, 30).

Ketika Yesus berkata, "Sudah selesai," itu adalah sorakan kemenangan. Dalam bahasa Yunani asli, ungkapan ini sebenarnya terdiri dari satu kata: tetelestai. Itu kata yang sangat umum dalam masyarakat Yunani kuno namun punya banyak makna. Ketika Yesus mengucapkan kata ini di atas kayu salib, Ia merujuk pada maknanya masing-masing:

- Itu digunakan oleh para pelayan dan karyawan yang kembali kepada tuannya melaporkan bahwa mereka telah menyelesaikan tugas mereka. Yesus telah menyelesaikan tugas yang diberikan Allah kepada-Nya.

- Itu adalah istilah hukum yang digunakan para hakim untuk mengumumkan bahwa seorang tahanan telah sepenuhnya menjalani masa hukumannya. Yesus telah memastikan bahwa Dia menanggung hukuman atas dosa kita.

- Itu adalah istilah akuntansi yang berarti hutang telah dibayar penuh. Yesus telah sepenuhnya membayar lunas hutang kita.

- Para seniman menggunakan istilah ini ketika melukis gambar untuk menandakan goresan terakhir mereka. Pengorbanan Yesus telah menyelesaikan karya agung Allah dengan memungkinkan puncak dari ciptaan-Nya – kita - ditebus atas dosa kita.

- Para imam menggunakan istilah ini ketika mereka mempersembahkan korban kepada TUHAN seraya berkata, "Pengorbanan telah dilakukan." Kematian Yesus di kayu salib merupakan pengorbanan karena dosa kita.

Kata-kata itulah yang membedakan agama Kristen dari semua agama yang ada di planet ini. Agama lainnya adalah tentang apa yang harus dilakukan untuk menjadi benar di hadapan Tuhan.

Yesus berkata, "Sudah selesai." Artinya, Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk memiliki akses kepada Allah.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana setelah mengetahui bahwa Yesus telah menyelesaikan pekerjaan yang paling penting buat Anda mengubah cara Anda memandang tugas Anda hari ini?
- Dari lima makna kata tetelestai di atas, manakah yang paling penting buat Anda secara pribadi? Mengapa?
- Apa yang bisa kita ketahui tentang karakter Allah dilihat dari kebenaran bahwa Dia telah memberi kita jalan keselamatan yang cuma-cuma?



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 10-12; Lukas 9:37-62


Yesus telah melakukan segalanya buat Anda! Anda hanya perlu percaya kepada-Nya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top