Tidak Semua yang Anda Dengar itu Benar

| Sabtu, April 04, 2020 |


Amsal 14:15 "Orang yang tak berpengalaman percaya kepada setiap perkataan, tetapi orang yang bijak memperhatikan langkahnya."

Jika akhir-akhir ini Anda menghabiskan waktu di depan layar ponsel atau menonton TV, Anda akan mendapat banyak informasi dari berbagai sumber yang berbeda. Ini penting, apalagi di hari-hari ini, untuk diingat bahwa tidak semua yang Anda dengar itu benar.

Amsal 14:15 mengatakan, "Orang yang tak berpengalaman percaya kepada setiap perkataan, tetapi orang yang bijak memperhatikan langkahnya."

Tidak semua orang yang berbicara di Internet, media sosial, TV, atau radio tahu apa yang sedang mereka bicarakan. Tidak semua orang yang berbicara tentang coronavirus layak untuk didengarkan. Anda harus selektif!

Banyak orang memanfaatkan krisis dan memiliki agenda tersembunyi. Akan ada beberapa orang yang mencoba menggunakan hari-hari yang tak menentu ini demi keuntungan politik atau keuntungan finansial mereka sendiri. Mereka akan mulai menaikkan harga dan menggunakan taktik rasa takut dan teori konspirasi untuk menakut-nakuti orang lain supaya mengambil keputusan yang tergesa-gesa. Jangan tertipu!

Alkitab berkata dalam Amsal 14: 8, "Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya."

Alkitab berulang kali mengatakan bahwa, terutama di tengah krisis, Anda harus selalu mendasarkan keputusan dan tindakan Anda pada fakta dan kebenaran — bukan pada statistik, tren, ketakutan, atau perasaan yang salah.

Tuhan telah memberi Anda semua yang Anda perlukan untuk menjadi bijak dan berhikmat di tengah krisis. Anda bisa menguji segalanya dengan melawan Firman Tuhan, dijamin itu akan menjauhkan Anda dari jalan yang berhikmat. Sebagai pengikut Yesus, Anda punya Roh Kudus yang bisa memberi Anda hikmat, supaya Anda memiliki akal yang sehat! Itulah karunia dari Tuhan, dan sekaranglah waktu yang penting untuk menggunakan akal sehat Anda dan kewaspadaan Anda.

"Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga dengan hikmat, didikan dan pengertian" (Amsal 23:23).

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda mencari tahu kebenaran informasi yang Anda temukan di media sosial sebelum membagikannya pada orang lain?
- Apa yang akan Anda katakan pada seseorang yang tidak percaya pada siapa pun selama masa-masa sulit?
- Mengapa penting bagi murid-murid Yesus untuk dikenal sebagai orang-orang yang berpegang pada kebenaran?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ruth 1-4; Lukas 8:1-25


Sebagai murid Yesus, kita seharusnya tidak hanya menjadi sekedar orang beriman. Kita harus menjadi orang yang hidup dengan kebenaran.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top