Apa yang Diungkapkan Hati Anda?

| Senin, September 14, 2020 |

Mazmur 141: 3 "Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku!"

Bagaimana Tuhan membantu kita mengatur mulut kita? Dengan langsung mendatangi sumbernya: hati.

Pernahkah Anda berkata, "Saya tidak tahu apa yang sedang merasuki saya — saya bukan orang seperti itu"? Sebenarnya, itu tidak akan keluar dari mulut Anda jika itu tidak ada di hati Anda terlebih dahulu.

Dengan kata lain, bukan mulut Anda yang mendatangkan masalah; hati Anda! Apa yang ada di dalam diri Anda, itulah yang keluar. Alkitab berkata, "Hai kamu keturunan ular beludak, bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal-hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati" (Matius 12:34).

Kata-kata Anda menunjukkan kondisi hati Anda. Itu artinya seseorang dengan lidah yang kasar sedang memperlihatkan hati yang marah. Seseorang yang banyak membual memperlihatkan hati yang tidak percaya diri.

Seseorang yang terlalu banyak bicara memperlihatkan hati yang tidak tenang. Kata-kata yang kritis mengungkapkan hati yang kepahitan.

Di sisi lain, ketika Anda berbagi kata-kata yang membesarkan hati dengan orang lain, itu mengungkapkan hati yang gembira. Saat Anda mengucapkan kata-kata lembut kepada orang lain saat mereka sedih, itu menunjukkan bahwa Anda memiliki hati yang penuh kasih.

Jika Anda mengucapkan kata-kata yang baik dan menghibur kepada orang-orang, itu menunjukkan bahwa Anda memiliki hati yang damai. Apa yang Anda katakan memperlihatkan seperti apa Anda di dalam.

Kontaminasi hanya bisa dilenyapkan dari sumbernya.

Tuhan sangat ahli dalam hal mentransformasi hati dan Dia siap untuk mengubah siapa pun yang datang kepada-Nya, meski apa pun yang telah terjadi di masa lalu.

Renungkan hal ini:
- Apa yang tercermin dari kata-kata Anda mengenai kondisi hati Anda?
- Bagaimana selama ini Anda telah dikuatkan oleh kata-kata baik dan menghibur yang diucapkan seseorang kepada Anda?
- Kebiasaan-kebiasaan apa yang dapat Anda praktikkan untuk membantu pekerjaan Tuhan dalam mengubahkan hati sesama?



Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 19-21; II Korintus 8


Ketika Tuhan membantu Anda mengontrol mulut Anda, maka Dia mengubah Anda luar dalam.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top