Bagaimana Menawan Segala Pikiran Anda

| Jumat, Oktober 23, 2020 |



23 Oktober 2020

Bacaan Hari ini:
Roma 8: 6 "Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera."

Pernahkah Anda menyadari bahwa pikiran Anda tidak selalu melakukan apa yang Anda perintahkan?

Terkadang pikiran Anda punya pemikirannya sendiri. Terkadang pikiran Anda melenceng ke arah yang tidak Anda inginkan. Ketika Anda perlu berdoa, pikiran Anda malah melantur. Ketika Anda ingin merenungkan Firman Tuhan, pikiran Anda ingin berkelana.

Alkitab mengatakan, ketika ini terjadi, Anda perlu menawan segala pikiran Anda (2 Korintus 10: 5). Apa artinya? Kata menawan dalam bahasa Yunani dalam ayat ini artinya adalah Anda memenjarakan pikiran Anda. Anda menaklukkan mereka. Anda mengendalikan mereka.

Itu hanya mungkin apabila Anda memakai dua senjata yang dimiliki oleh setiap orang percaya: Roh Kudus dan Firman Tuhan.

Pertama, Anda perlu mengenali kuasa Roh Allah di dalam diri Anda. Tanpa Dia, Anda tidak berdaya. Roma 8: 6 mengatakan, "Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera."

Anda membutuhkan Yesus dalam hidup Anda karena, tanpa Roh Kudus, sifat berdosa Anda mengendalikan pikiran Anda dan akan selalu membawa Anda menuju ke arah yang salah. Tetapi ketika Roh Kudus mengendalikan Anda, maka Anda memiliki kuasa yang Anda butuhkan untuk menawan setiap pikiran Anda.

Kedua, Anda membutuhkan Firman Tuhan. Yesus berkata, "Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu" (Yohanes 8: 31-32).

Orang suka mengutip bagian kedua dari pasal ini. Bahkan kutipan ini terlihat di gedung-gedung universitas di seluruh dunia. Tetapi sangat sedikit orang yang mengutip bagian pertama, yang mengatakan bahwa Anda harus belajar dan menaati Firman Tuhan. Orang menginginkan kemerdekaan tanpa kebenaran Tuhan.

Pada kenyataannya, tidak ada kemerdekaan tanpa kebenaran. Dan tidak ada kebenaran tanpa Firman Tuhan. Tuhan telah memberi Anda arahan yang Anda butuhkan untuk menjalani hidup, dan Anda dapat mempercayai setiap kata yang dikatakaan oleh Alkitab.

Renungkan hal ini:
- Kapan Anda paling sering mendapati diri Anda menawan pikiran Anda?
- Bagaimana perasaan Anda saat mengetahui bahwa, jika Anda menginginkan kekuatan dari Tuhan, maka Anda harus menyerahkan kendali Anda kepada Roh Kudus?
- Menurut Anda mengapa banyak orang ingin mengabaikan perintah Tuhan? Mengapa orang menginginkan kemerdekaan yang tanpa harus mempelajari kebenaran Firman?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 38-43; II Tesalonika 1


Semakin Anda kenal Firman Tuhan dan mengisi pikiran Anda dengan kebenaran-Nya, semakin mudah untuk mengarahkan pikiran Anda ke mana pun Anda ingin memerintahkannya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top