Arti Pertobatan Sesungguhnya

| Minggu, Oktober 25, 2020 |

Kisah Para Rasul 3:19 "Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,"

Adakalanya, "bertobat" menjadi sebuah kata yang negatif.

Ketika banyak orang mendengar kata itu, mereka membayangkan seorang pria yang memegang papan di pinggir jalan, bertuliskan "bertobat atau binasa," akhir zaman sudah dekat. Tetapi gagasan ini tentang arti pertobatan adalah salah total. "Bertobat" sebenarnya adalah kata yang paling positif dan mengubah dunia.

Kata "bertobat" artinya Anda berubah pikiran. Bertobat bukanlah ketika Anda berhenti melakukan hal-hal buruk — itu adalah hasil dari pertobatan. Bertobat berarti dulu Anda berpikir dengan cara lama, dan sekarang Anda berpikir dengan cara baru.

Anda dulu dihantui rasa bersalah, namun sekarang Anda memikirkan tentang pengampunan. Anda dulu memikirkan tentang hukuman dan keputusasaan, namun sekarang Anda memikirkan tentang damai sejahtera. Anda dulu berpikir egois, namun sekarang Anda memikirkan orang lain lebih dahulu. Anda dulu memikirkan ambisi-ambisi, namun sekarang Anda berpikir tentang cara melayani. Anda sekarang menganggap Allah sebagai Tuhan— Bapa yang baik dan penuh kasih. Anda memandang diri Anda sendiri sebagaimana Allah memandang Anda — ciptaan yang memiliki nilai dan tujuan. Kini Anda memikirkan tentang apa saja yang bermakna dalam hidup.

Ketika Anda bertobat dan beralih dari kegelapan menuju terang, ini bukan soal berhenti melakukan hal-hal yang Anda lakukan dulu. Ini soal melakukan hanya hal-hal yang penting, karena pikiran Anda telah Anda atur untuk melakukan hanya hal-hal yang paling penting. Itulah perubahan paling positif di dunia.

Apakah Anda butuh kelegaan? Apakah Anda butuh dipulihkan dari luka hidup Anda dan bangkit kembali setelah mengalami kehilangan atau kegagalan? Nah, Anda hanya perlu bertobat. Jika Anda bersedia melakukannya, Anda akan masuk ke dalam hadirat Allah dan mengalami sukacita serta damai sejahtera yang sejati.

Renungkan hal ini:
- Menurut Anda mengapa orang tidak suka dengan gagasan pertobatan? Menurut mereka apa arti kata bertobat buat hidup mereka?
- Seperti apakah yang namanya kelegaan di dalam hadirat Tuhan?
- Lihat Kisah Para Rasul 3:19. Mengapa bertobat berarti kembali kepada Tuhan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 44-47; II Tesalonika 2


Pertobatan ialah ketika Anda mulai memikirkan kembali tentang hidup Anda agar seturut dengan cara pikir Yesus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top