Berhati-Hatilah dengan Waktu Anda

| Selasa, Oktober 13, 2020 |

Efesus 5: 15-16 "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat."

Waktu adalah komoditas yang paling berharga. Anda hanya memiliki jumlah waktu yang terbatas!

Diperkirakan bahwa rata-rata manusia hidup selama 72 tahun, atau 26.000 hari. Anda mungkin menganggap Anda masih punya banyak hari, tetapi, jika usia Anda di atas 27, Anda telah melewati 10.000 hari. Anda tidak akan mendapatkan hari-hari itu kembali, dan itulah yang menjadikan waktu sebagai kekayaan Anda yang paling berharga.

Anda selalu bisa menghasilkan lebih banyak uang. Anda selalu bisa mendapatkan lebih banyak energi. Namun, Anda tidak bisa menciptakan lebih banyak waktu.

Anda memiliki jumlah hari tertentu dalam hidup Anda, tak kurang dan tak lebih. Ketika Anda menggunakannya, maka waktu itu akan lenyap. Manajemen hidup merupakan manajemen waktu. Maka, bila Anda belajar mengatur waktu Anda, maka Anda juga belajar mengatur hidup Anda.

"Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat" (Efesus 5: 15-16).

Kebalikan dari berhati-hati ialah ceroboh. Alkitab mengajarkan Anda untuk tidak ceroboh dengan hidup Anda. Berhati-hatilah. Itu berarti Anda harus merencanakan dan mempertimbangkan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda. Saya suka menyebut ini menjadi seseorang yang digerakkan oleh tujuan!

Apakah Anda tahu bagaimana rasanya ceroboh dengan waktu? Rata-rata, orang menghabiskan tiga jam 15 menit dengan ponsel mereka setiap sehari. Dan orang Amerika menghabiskan lebih dari lima jam sehari dengan ponsel mereka dan memeriksanya rata-rata 58 kali sehari! Itu berarti kita menghabiskan 35 jam seminggu untuk menatap layar kecil — dan itu tidak termasuk waktu yang kita habiskan di depan layar komputer atau menonton TV. Tentu saja, tidak semua waktu itu sia-sia. Menjadi bijak dengan waktu Anda sama saja dengan menyadari bagaimana Anda akan menghabiskannya, dan apakah Anda menghabiskannya untuk hal-hal yang benar-benar penting.

"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun" (1 Korintus 10:23).

Bukan dosa apabila Anda menghabiskan waktu lima jam untuk menonton video kucing lucu di YouTube. Tetapi itu mungkin bukan penggunaan waktu yang paling baik. Beberapa hal belum tentu salah jika dilakukan, tapi hanya saja, itu tidak perlu dilakukan. Hal itu mungkin tidak salah, tetapi apakah itu layak mengorbankan waktu berharga Anda?

Renungkan hal ini:
- Apa cita-cita yang dapat Anda kejar dan capai, seandainya Anda menggunakan kembali sebagian dari 35 jam seminggu yang mungkin Anda habiskan di depan ponsel?
- Apakah Anda ingin anak-anak Anda mengingat Anda menghabiskan lebih banyak waktu membaca Alkitab atau menatap ponsel Anda? Bagaimana Anda berusaha untuk mencapai tujuan itu?
- Apa saja contoh lain dari hal-hal yang telah Anda lakukan yang tidak buruk, tapi hanya saja tidak terlalu penting?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 63-66; Kolose 2 : 16-23


Berhati-hatilah dengan hari-hari Anda. Anda hanya punya waktu yang terbatas.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top