Apa yang Membuat Anda Rentan terhadap Godaan?

| Sabtu, November 21, 2020 |

Amsal 4:23 "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."

Jika Anda ingin mampu melawan godaan yang bertubi-tubi datang dalam hidup Anda, maka Anda perlu tahu apa yang membuat Anda rentan terhadap godaan Setan.

Efesus 4:27 mengatakan, "Dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis." Jangan memberi Setan tempat dalam hidup Anda sebab ia akan memanfaatkan kelemahan Anda dan mengacaukan hidup Anda.

Apa pijakan yang biasanya Anda berikan kepada Setan yang memungkinkan dia untuk mendorong semua godaan ini masuk ke dalam hidup Anda? Itulah emosi-emosi negatif Anda. Setiap kali Anda punya pikiran negatif, Anda baru saja memberikan pijakan kepada Setan dalam hidup Anda dan itu menebabkan Anda menjadi rentan terhadap godaan lebih dari biasanya. Itulah mengapa Alkitab berkata dalam Amsal 4:23, "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."

Hati Anda terletak di pusat emosi Anda. Tetapi untuk mengalahkan godaan Setan, jangan fokus pada perilaku Anda dan dosa yang mungkin akan Anda lakukan. Sebaliknya, selidiki pikiran-pikiran yang ada di hati Anda dan perasaan-perasaan yang muncul dari pikiran tersebut.

Itulah cara Iblis menjerat Anda — bukan dengan perilaku Anda, tetapi dengan pemikiran Anda. Dia mempermainkan emosi Anda setiap hari dalam hidup. Dia menjerat emosi Anda. Dia adalah dalang utama yang merusak suasana hati Anda. Setan mengacaukan beberapa emosi Anda dengan cara memengaruhi pikiran Anda dan membuat Anda meragukan Firman Tuhan.

Begitu dia membuat Anda terlibat secara emosional, Anda sudah terperosok ke dalamnya. Ketika emosi Anda menyerang, maka perilaku yang diharapkan Setan pada Anda akan muncul. Setan tahu emosi negatif Anda akan mengantarkan Anda pada dosa.

Anda jauh lebih rentan terhadap godaan ketika memiliki emosi yang negatif. Setan tahu emosi-emosi tersebut dan akan menggunakannya untuk mendatangkan kehancuran atas Anda. Bukankah seharusnya Anda mengetahui emosi-emosi itu juga?

Renungkan hal ini:
- Emosi negatif apa sajakah yang sering membuat Anda rentan terhadap serangan Setan?
- Bahkan meskipun Anda tidak menganggap diri Anda seseorang yang emosional, bagaimana Anda melihat emosi dan pikiran Anda memimpin Anda ke arah yang salah? Bagaimana emosi-emosi tersebut membuat Anda menyangkalnya atau meragukannya?
- Mengapa Anda perlu mengisi pikiran Anda dengan Firman Tuhan ketika hendak melawan godaan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yunus 3-4; Ibrani 6:9-20


Satu-satunya cara agar Anda dapat melawan godaan yang terus-menerus mendera hidup Anda ialah dengan mengidentifikasi emosi yang membuat Anda rentan terhadap godaan Setan. Kemudian, fokuskan kembali pikiran Anda pada Firman Tuhan agar Anda dapat mengganti emosi negatif tersebut dengan kasih Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top