Penggunaan Terbaik dari Rasa Sakit Terdalam Anda

| Jumat, Desember 04, 2020 |

2 Korintus 1: 4-5 "Yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah."

Ketika Anda mengalami luka, Anda bisa memilih untuk fokus pada diri sendiri atau fokus pada orang lain. Ketika Anda memutuskan untuk fokus melayani sesama yang terluka, itu disebut penderitaan dengan penghiburan. Itulah penggunaan terbaik dari rasa sakit Anda.

Apa pun rasa sakit yang tengah Anda hadapi, Yesus ingin menebus penderitaan Anda. Dia tidak ingin rasa sakit Anda itu sia-sia! Dia ingin menggunakannya untuk membantu orang lain ketika mereka menderita.

"Yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah" (2 Korintus 1: 4-5).

Siapa yang lebih bisa membantu seorang pejuang veteran yang sedang bergumul dibanding sesama pejuang veteran yang juga pernah melewati hal yang sama? Siapa yang lebih bisa membantu seseorang untuk pulih dari ketergantungan obat resep selain seseorang yang telah pulih dari kecanduan obat resep? Siapa yang lebih bisa membantu seseorang yang menderita penyakit kronis dibanding seseorang yang pernah mengalami pergumulan yang sama?

Pelayanan terbesar Anda akan muncul dari rasa sakit terdalam Anda. Jika Anda bersedia jujur kepada Tuhan, orang lain, dan diri Anda sendiri tentang pergumulan apa pun yang pernah Anda hadapi, maka itu akan menjadi pelayanan Anda.

Berbagi kekuatan Anda tidak serta merta membuat Anda lebih dekat dengan seseorang. Namun, ketika Anda berbagi pengalaman yang telah membuat Anda memutuskan untuk berserah kepada Tuhan dan mengandalkan kekuatan-Nya, maka Anda akan terhubung dengan orang lain lebih dalam, jauh dari yang bisa Anda bayangkan. Mengapa? Sebab ketika Anda — seseorang yang berdosa — berbagi dengan orang lain tentang bagaimana Tuhan telah memulihkan Anda, maka Anda dan orang tersebut tidak hanya memiliki satu kesamaan, tapi juga berbagi pengharapan bahwa mereka pun dapat mengalami penebusan dosa melalui Yesus Kristus.

Berbagi rasa sakit dan luka membantu Anda dan orang-orang di sekitar Anda untuk bertumbuh di dalam Kristus. Menggunakan rasa sakit Anda untuk melayani orang lain ialah satu bentuk pelayanan.

Renungkan hal ini:
- Pikirkan tentang rasa sakit terbesar yang pernah Anda pergumulkan. Apakah Anda percaya Tuhan dapat menggunakannya untuk kebaikan dalam hidup Anda dan kehidupan orang lain? Mengapa atau mengapa tidak?
- Mengapa berbagi tentang pergumulan Anda ketimbang berbagi kekuatan Anda sering kali membuat ikatan Anda lebih dalam dengan seseorang?
- Bagaimana Anda ingin Tuhan menggunakan Anda dalam pelayanan Anda? Sudahkah Anda meminta Dia menggunakan penderitaan Anda untuk membawa orang lain menuju penebusan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Nahum 3; I Petrus 1-3


Jangan sia-siakan rasa sakit Anda. Biarkan Tuhan memakainya untuk pelayanan terbesar Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top