Berpikir Jangka Pendek Menghalangi Anda Melihat Dengan Jelas

| Sabtu, November 29, 2014 |

Markus 8:16-17 "Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak mempunyai roti." Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu?"

Anda akan melewatkan apa yang sedang Allah kerjakan dalam hidup Anda, jika Anda hanya fokus pada apa yang terjadi sekarang, bukan pada apa yang Dia ingin Anda lakukan untuk jangka panjang. Ketika Anda memikirkan kenyamanan, bukan karakter Anda, ketika Anda memikirkan kebahagiaan, bukan kekudusan Anda, ketika Anda memikirkan kesenangan di saat ini, bukannya mempersiapkan diri untuk kekekalan, maka Anda terjebak dalam pemikiran jangka pendek, dan itu akan menahan Anda untuk melihat dengan jelas. 

Inilah yang terjadi dengan murid-murid Yesus. Saat Yesus mencoba untuk mengajarkan mereka sebuah pelajaran tentang kesombongan diri, dengan menggunakan ragi sebagai perumpamaan, Alkitab mengatakan dalam Markus 8:16-17, "Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak mempunyai roti." Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu?"

Yesus mengajar murid-murid-Nya pelajaran tentang kehidupan, tapi mereka kira Dia sedang berbicara tentang makan siang! Dia berbicara tentang perlunya kedewasaan, tapi mereka berbicara tentang apa yang akan mereka makan nanti siang. Itulah pemikiran jangka pendek.

Pemikiran jangka pendek menghalangi kita melihat karya Allah dalam hidup kita. Ini salah satu kelemahan terbesar kultur kita. Pada saat ini, sulit bagi kita untuk berpikir jangka panjang, karena segala sesuatu yang ada di masyarakat kita mengajarkan kita untuk melakukan yang sebaliknya. Kita merampas masa depan untuk bisa dinikmati hari ini. Kita selama bertahun-tahun menimbun utang yang tak terbayarkan untuk generasi mendatang, agar kita bisa melakukan apa yang kita inginkan hari ini. 

Setiap kali Anda berpikir untuk jangka pendek, Anda tak dapat melihat apa yang sedang Allah kerjakan dalam hidup Anda. Anda tidak dapat melihat rencana jangka panjang-Nya bagi Anda ketika Anda hanya berpikir tentang kenyamanan diri Anda sendiri.

Renungkan hal ini :

Cara-cara mudah apa yang dapat Anda lakukan untuk memelihara pola pikir jangka panjang Anda sepanjang hari ?

Pola pikir seperti apa yang ada dalam keluarga Anda? Dalam karir Anda? Dalam perjalanan spiritual Anda?

Dalam hal apa Anda melihat Allah bekerja dalam hidup Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 2:12-13 ; Ibrani 9

Berpikir jangka pendek dan cepat-cepat mengambil keputusan, sama juga menghalangi karya Allah nyata dalam hidup Anda (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top