Roti Rohani Anda

| Selasa, Oktober 31, 2017 |
Ulangan 8: 3b "Bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN."

Ketika Yesus mengajarkan kita berdoa, "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya," Dia sedang berbicara tentang roti yang lebih dari sekadar roti. Sebenarnya, Alkitab mengatakan roti ini mewakili empat hal.

1. Roti mewakili kebutuhan hidup. Inilah sistem ekonomi Tuhan. Tuhan berkata, "Aku memberikannya, engkau yang memungutnya." Saat Anda berdoa, "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya," bukan berarti Anda hanya duduk di sofa dan menunggu Tuhan menjatuhkan uang dari langit. Anda harus bekerja! Bahkan orang Israel pun harus keluar dan memungut manna itu. Pekerjaan adalah bagian dari rancangan Allah buat hidup Anda. Itu membangun karakter kita. Amsal 14:23 mengatakan, "Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja."

2. Roti mewakili Firman Tuhan. Alkitab adalah makanan rohani. Roti adalah simbol Firman Tuhan. Alkitab mengatakan, "Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN" (Ulangan 8: 3). Ketika anak-anak Israel berjalan menuju Tanah Perjanjian, Tuhan menurunkan manna dari surga agar orang-orang itu memungutnya, karena mereka tidak punya makanan apapun. Tuhan memberi mereka roti ini untuk mengajarkan mereka bahwa orang membutuhkan lebih dari sekedar roti untuk hidup mereka. Kehidupan yang sejati tercipta dengan memberi makan jiwa Anda dengan Firman Tuhan. Anda tidak hanya butuh makanan fisik; Anda juga butuh makanan rohani.

3. Roti mewakili keluarga dan persekutuan Allah. Alkitab mengatakan dalam 1 Korintus 10:16, "Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?" Roti adalah metafora untuk keluarga Allah. Anda butuh sesama umat Tuhan dalam hidup Anda! Terlepas dari Anda memiliki keluarga biologis atau tidak, Tuhan ingin Anda menjadi bagian dari keluarga-Nya, yang akan ada untuk selamanya - Gereja. Itulah tempat persekutuan Anda dengan anggota keluarga-Nya. 

4. Roti mewakili keselamatan. Yesus memilih roti sebagai simbol pengorbanan-Nya di dalam persekutuan. Setiap kali kita makan roti dan minum anggur dengan jemaat yang lain, itu adalah pengingat betapa Tuhan mengasihi kita dan betapa besar pengorbanan-Nya untuk kita sehingga kita bisa pergi ke Surga. Apapun kebutuhan Anda - fisik, emosional, relasional, atau spiritual - Tuhan akan memenuhinya jika Anda mau bergantung pada-Nya. Berdoalah doa ini hari ini, "Berikanlah kami roti rohani kami hari ini," dan percayalah Tuhan akan menyediakan apapun yang Anda butuhkan. 

Renungkan hal ini: 
- Dengan memahami empat simbol perwakilan ini, bagaimana Anda bisa lebih secara spesifik berdoa ketika Anda meminta, "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya"?
- Bagaimana Anda bisa memberi contoh pada keluarga Anda bahwa Anda percaya bahwa Tuhan akan menyediakan semua kebutuhan Anda?
- Apa yang perlu Anda lakukan untuk terhubung dengan keluarga Allah?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ratapan 4-5; I Timotius 3


Roti hidup sesungguhnya adalah Kristus sendiri, yang siap memenuhi semua kebutuhan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top