Anda Tidak akan Berubah jika tanpa Kelompok Kecil

| Senin, Februari 11, 2019 | ,

Roma 12: 4-5 "Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain."

Anda tak akan berhasil membuat perubahan yang harus Anda lakukan, yang ingin Anda lakukan, yang Anda harap bisa Anda lakukan, yang Anda rencanakan, atau yang Anda impi-impikan, apabila Anda melakukannya seorang diri. Seandainya Anda bisa, maka sekarang Anda tak membutuhkannya. Tetapi kita semua tak bisa melakukannya seorang diri. Tidak akan pernah bisa!

Alkitab berkata dalam Roma 12: 4-5, "Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain."

Allah menghubungkan alam semesta ini sedemikian rupa sehingga kita saling membutuhkan. Frasa "satu sama lain" digunakan 58 kali dalam Perjanjian Baru: Saling mengasihi, saling menyayangi, saling mendorong, saling mendukung, saling mendoakan, saling menyapa, saling berbagi, saling memberi. Tuhan tidak pernah merancang Anda untuk menjalani hidup ini seorang diri. Bahkan Batman punya Robin! Allah tidak merancang Anda untuk melewati hidup ini seorang diri. Terlepas apakah Anda menikah atau tidak, itu tak ada hubungannya. Anda membutuhkan keluarga rohani, dan Anda perlu berada di dalam kelompok kecil.

Banyak buku-buku motivasi yang bagus, yang mengajarkan Anda tentang kiat-kiat menjalani kehidupan, namun buku-buku itu tidak memberikan dua hal yang menurut Alkitab harus Anda miliki: kuasa dan komunitas Allah. Itulah yang Anda butuhkan untuk dapat benar-benar mengalami perubahan. Perubahan membutuhkan komunitas, kelompok kecil.

Di gereja kami, Saddleback Church, jemaat kami berasal dari berbagai latar belakang. Jika ditotal, jemaat kami berbicara 65 bahasa dan kami juga memiliki jemaat dari berbagai latar belakang kepercayaan dan etnis.

Tetapi satu kesamaan yang kami miliki ialah kasih kami kepada Yesus Kristus. Itu yang menyatukan kami dan yang memampukan kami untuk saling membantu.

Galatia 3:28 mengatakan, "Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus."

Renungkan hal ini:
- Perubahan apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup Anda tahun ini? Gol-gol apa yang telah Anda buat?
- Bagaimana dukungan dari orang-orang terdekat akan membantu Anda untuk mencapai gol-gol itu?
- Apa yang menahan Anda untuk menerima atau meminta bantuan dari orang lain?


Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 11-12; Matius 26:1-25


Anda membutuhkan saya, dan saya membutuhkan Anda. Anda membutuhkan orang-orang di sekeliling Anda, dan mereka membutuhkan Anda. Kita memiliki satu sama lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top