Tanggalkan yang Lama Sebelum Mengenakan yang Baru

| Senin, Februari 04, 2019 | ,
Tanggalkan yang Lama Sebelum Mengenakan yang Baru

Efesus 4: 22-24 "Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya."

Jika Anda ingin mengalami perubahan yang kekal dalam hidup Anda, maka Anda harus mulai dengan tubuh Anda, yaitu mengubah cara berpikir Anda sehingga apa yang Anda izinkan masuk ke dalam pikiran Anda dan apa yang Anda pikirkan hanyalah untuk kemuliaan Tuhan.

Efesus 4: 22-24 mengatakan, "Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya." Perhatikan bahwa ada hal menanggalkan dan mengenakan. Kesehatan Anda ialah tentang berhenti melakukan beberapa hal yang perlu Anda hentikan, dan memulai beberapa hal yang perlu Anda mulai lakukan. Berhenti memasukkan hal-hal negatif dan yang menyakitkan ke dalam tubuh Anda, dan mulailah memasukkan hal-hal yang membangun.

Berhentilah memberi makan hal-hal negatif dan menyakitkan ke dalam pikiran Anda, dan mulailah menonton dan mendengarkan hal-hal yang membangun dan yang membuat Anda kian serupa dengan Kristus. Dalam pembaruan pikiran Anda, Anda harus menanggalkan yang lama sebelum bisa mengenakan yang baru.

Katakanlah Anda pergi ke department store mencari sebuah mantel baru. Setelah menemukan yang menarik, Anda membawanya ke kamar ganti dan mencobanya. Jika Anda sedang mengenakan mantel, Anda tidak akan mengenakan mantel baru itu di atas mantel lama Anda. Itu tidak masuk akal, sebab Anda tidak akan tahu apakah mantel baru itu akan pas atau tidak. Yang harus Anda lakukan ialah menanggalkan yang lama sebelum bisa mengenakan yang baru.

Renungkan hal ini:
- "Hal-hal lama" apa yang perlu Anda singkirkan dari kehidupan, pikiran, atau tubuh Anda?
- "Hal-hal baru" apa yang perlu Anda isi ke dalam pikiran dan tubuh Anda? Kebiasaan baru apa yang harus Anda kembangkan untuk melakukannya?
- Dengan cara apa Anda berusaha menjadi lebih seperti Allah di dalam "kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya"?


Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 34-35; Matius 22:23-46


Anda harus melepas yang lama sebelum bisa memakai yang baru. Hal ini berlaku dalam segala hal, rohani, mental dan jiwa Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top