Tidak Masalah jika Anda Tak Bisa Menguasai Diri Anda

| Rabu, Februari 06, 2019 | ,
Tidak Masalah jika Anda Tak Bisa Menguasai Diri Anda

Roma 12: 3 "Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing."

Tidak ada seorangpun yang mampu melepaskan kehendak kedagingan dan menguasai diri menurut ukuran iman Allah. Saya tidak mampu. Anda tidak mampu. Alkitab mengatakan tak ada manusia yang sempurna — titik. Setiap orang di planet ini telah hancur oleh dosa.

Tetapi kenyataannya, kita berusaha mengesankan orang lain, berpura-pura seolah kita sudah menguasai diri kita seturut dengan kehendak-Nya. Masalahnya adalah apabila Anda mengharapkan perubahan yang kekal dalam hidup Anda, pertama-tama Anda harus dengan rendah hati menilai kondisi Anda saat ini dan mengakui bahwa Anda butuh bantuan Tuhan untuk mengendalikan diri Anda. Anda harus mengakui bahwa Anda punya masalah dengan finansial Anda, kesehatan Anda, atau di area mana pun Anda tengah bergumul dengan hidup Anda.

Roma 12: 3 mengatakan, "Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing."

Apakah Anda bersedia bertanya kepada orang-orang terdekat Anda, "Apa yang harus saya ubah?" Apakah Anda berani meminta orang lain untuk jujur tentang Anda dan dengan diri Anda?

Mengapa hal ini teramat penting? Sebab Anda hanya dapat mengatur apa yang bisa Anda ukur. Jika Anda tidak tahu di mana ukuran iman Anda, maka Anda tidak dapat tumbuh di dalam iman Anda. Jika Anda tidak tahu di mana ukuran kesehatan Anda, maka Anda tidak dapat berkembang dan bertumbuh dalam hal kesehatan. Jika Anda tidak tahu di mana ukuran finansial Anda, maka Anda tidak dapat menetapkan tujuan finansial Anda. Jika Anda tidak tahu di mana Anda dalam hal spiritual, kemampuan, atau dalam hubungan Anda dengan orang lain, maka Anda tidak dapat tumbuh di area tersebut. Anda hanya bisa mengatur apa yang dapat Anda ukur.

Penting untuk mencatat progres Anda dalam setiap pencapaian tujuan apa pun— baik dengan jurnal atau direkam atau dengan alat apapun yang ingin Anda gunakan. Baik itu dalam hal kesehatan, finansial, atau sasaran apa pun itu, catatlah progres Anda sepanjang tahun, sehingga Anda bisa mengukur pertumbuhan dan perkembangan Anda.

Evaluasi di mana Anda berada saat ini dalam setiap bidang kehidupan Anda, agar Anda tahu ke mana Anda harus melangkah.

Renungkan hal ini:
- Siapa saja orang dalam hidup Anda yang bisa Anda ajak bicara secara terbuka dan jujur?
- Apa bidang kehidupan Anda yang perlu Anda evaluasi agar Anda dapat menetapkan tujuan yang realistis untuk berubah?
- Apa saja cara yang bisa Anda pakai untuk senantiasa mengetahui pertumbuhan dan kemajuan Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 36-38; Matius 23:1-22


Rintangan pertama dan tersulit bagi kita untuk berubah dalam segala aspek kehidupan ialah kebanggaan diri.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top