Isi Pikiran Anda Dengan Firman Tuhan, Bukan Kekhawatiran

| Rabu, Maret 06, 2019 | ,

Filipi 4: 6-7 "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus."

Saat Anda khawatir, jangan menekannya, jangan menahannya, jangan menyangkalnya. Akuilah. Apabila Anda mencoba menahannya, Anda akan jatuh sakit. Itu ibaratnya mengambil sekaleng soda, mengocoknya, dan kemudian memasukkannya ke dalam freezer. Itu akan meledak!

"Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus" (Filipi 4: 6-7).

Damai sejahtera apa yang melampaui akal pikiran kita? Itu ketika Anda merasakan kedamaian ketika tidak ada alasan logis dan rasional untuk hal itu. Anda baru saja kehilangan pekerjaan tetapi entah bagaimana Anda merasa tenang di dalam situasi tersebut. Mengapa? Allah adalah gembala Anda. Anda menerima kabar "kanker" dari dokter Anda. Tapi entah mengapa, Anda merasa damai di dalam situasi tersebut. Mengapa? Sebab Allah adalah gembala Anda.

Jika Anda tahu bagaimana caranya khawatir, artinya Anda tahu caranya bermeditasi atau merenung. Bermeditasi adalah fokus pada hal yang sama berulang kali. Sebaliknya, serahkanlah kekhawatiran Anda dan renungkanlah Firman Tuhan. Mulailah dengan sebagian kecil bab Alkitab. Pertama, bacalah perikop ini secara perlahan, dengan lantang beberapa kali, berikanlah penekanan pada kata atau frasa yang berbeda. Kedua, renungkanlah kebenaran yang ada dalam Firman itu. Ketiga, tanggapi Tuhan dengan mengingat apa yang baru saja Anda baca. Bacalah dengan pelan atau lantang. Keempat, simpan Firman Tuhan di dalam hati Anda, dengarkan apa yang Tuhan katakan melalui Firman Tuhan yang Anda baca itu.

Apakah Anda lebih suka menyimpan kekhawatiran atau Firman Tuhan di dalam kepala Anda? Ambil keputusuan ini hari ini: Akui kekhawatiran Anda, dan kemudian isi pikiran Anda dengan kebenaran Allah yang ditemukan dalam Alkitab.

Renungkan hal ini:
- Ketika Anda berdoa kepada Tuhan tentang kekhawatiran Anda, apakah Anda berdoa secara spesifik? Jika tidak, menurut Anda apa bedanya jika Anda melakukannya?
- Bacalah Mazmur 23, dan kemudian praktikkan gagasan tentang meditasi di renungan hari ini. Apa wawasan baru yang Anda dapatkan?
- Filipi 4: 7 mengatakan bahwa Allah "akan memelihara" hati dan pikiran Anda. Menurut Anda apa maksudnya itu?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ulangan 1-2; Markus 10:1-31


Serahkanlah senantiasa kekhawatiran Anda kepada Tuhan. Dia dapat mengatasinya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top