Orang Yang Diampuni, Mengampuni Orang Lain

| Selasa, Februari 18, 2020 |

Kolose 3:13 "Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian."

Banyak orang berpikir Allah itu pendendam. Mereka menggambarkan Allah di surga sedang menunggu waktu yang tepat untuk menghancurkan mereka oleh karena setiap kesalahan yang mereka perbuat.

Berikut ini gambar Allah: "Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu" (Yesaya 43:25). Allah ingin mengampuni kita, dan Dia telah melakukan segalanya untuk mengampuni dosa-dosa kita di dalam Kristus.

Bahkan sebelum dunia diciptakan, Allah telah merancang untuk mengampuni dosa-dosa Anda melalui Kristus. Dia tahu setiap dosa yang hendak Anda buat. Tidak ada satu hal pun yang mengejutkannya! Allah telah membuat rencana untuk memberikan Anda pengampunan atas semua rasa bersalah di dalam hidup Anda, bahkan sebelum Anda dilahirkan.

Itulah sebabnya Allah berfirman: "Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus" (Roma 8: 1). Penghukuman telah dilenyapkan oleh karena apa yang telah Yesus Kristus lakukan buat kita — itu artinya pengampunan yang tanpa syarat, sempurna, konsisten, kekal, kasih karunia-Nya telah diberikan atas kehidupan setiap kita. Sungguh sebuah Kabar Baik! Anda tak perlu lagi menderita atau membayar dosa-dosa Anda sekarang atau di kehidupan kekal. Dosa Anda telah dibayar lunas oleh Yesus Kristus. Anda diampuni jika Anda menerima karunia keselamatan dari Yesus. Jika Anda mengerti bahwa Anda sudah diampuni, maka Anda akan dimampukan dan dikuatkan untuk mengampuni orang lain.

Bagaimana cara melakukannya? "Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian" (Kolose 3:13).

Perhatikan diri Anda baik-baik, dan Anda bisa melihat keburukan, keegoisan, dan dosa. Namun ketahuilah, yang paling penting ialah bagaimana Allah memandang Anda. Anda adalah ciptaan-Nya, sebuah mahakarya yang dirancang untuk menjalani hidup buat Dia dan untuk memberkati orang lain.

Ketika Anda memperhatikan diri Anda dengan baik melalui perspektif Allah, maka Anda akan melihat pengampunan yang hanya dapat diberikan oleh-Nya.

Renungkan hal ini:
- Kepada siapa Anda perlu memberikan pengampunan hari ini?
- Apakah seseorang dalam hidup Anda tengah terluka sebab mereka masih dikuasai oleh rasa bersalah dari masa lalu? Bagaimana Anda dapat berbagi tentang pengharapan dengan mewartakan kepada mereka bahwa Yesus telah membersihkan dosa mereka dan menawarkan mereka karunia keselamatan?
- Mengapa sulit bagi kita untuk menerima apa yang tidak mau kita berikan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 23-24; Markus 1:1-22


Dengan menerima pengampunan-Nya dalam hidup Anda, maka Anda akan mampu memberikannya juga kepada orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top