Perlakukan Setiap Orang Sebagai Mahakarya Tuhan

| Senin, Februari 17, 2020 |

1 Petrus 2:17 "Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!"

Anda sangat amat berharga buat Allah. Allah menciptakan Anda. Yesus mati untuk Anda. Allah menempatkan Roh-Nya di dalam Anda. Dan Allah ingin Anda ada bersama-Nya selamanya di dalam surga kekal. Itulah investasi yang Dia buat di dalam Anda! Dia tidak akan melakukannya seandainya Anda bukan yang paling berharga bagi-Nya.

Ada dua hal yang menjadikan sesuatu berharga. Yang pertama ialah siapa yang membuatnya. Ada satu perbedaan harga yang jauh antara sebuah telur Fabergé yang dihiasi berlian dengan telur yang Anda warnai saat Paskah dengan anak-anak Anda.

"Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya" (Efesus 2:10). Allah tidak menciptakan sampah. Allah menciptakan Anda, dan Anda baik adanya! Sebelum Anda dilahirkan, Allah telah merancangkan sebuah tujuan buat Anda dan ingin menjadikan Anda seseorang seperti apa. Dia tidak merancangkan suatu kesalahan.

Nilai atas sesuatu pun ditentukan oleh harga yang bersedia dibayarkan atasnya.

Berapa nilai rumah Anda? itu bernilai seharga yang orang lain tawarkan. Berapa nilai sebuah karya seni? Itu bernilai seharga yang orang lain mau bayarkan.

Berapa nilai Anda? Yesus Kristus bersedia memberikan hidup-Nya buat Anda: "Melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat" (1 Petrus 1:19). Jika Anda meragukan nilai Anda, lihat saja salib Kristus. Yesus bersedia membayar harga tertinggi untuk Anda. Seperti itulah betapa berharganya Anda bagi-Nya.

Yesus ingin Anda memperlakukan orang lain layaknya mereka memiliki nilai yang sama dengan Anda — karena memang begitu pun mereka. Allah menciptakan semua orang, dan Yesus telah mati untuk semua orang.

Cara Anda mengasihi orang lain akan menunjukkan betapa berharganya mereka buat Allah.

Renungkan hal ini:
- Apa yang berubah dengan cara Anda memandang diri sendiri setelah Anda memahami betapa berharganya Anda bagi Allah?
- Mengapa terkadang sulit untuk melihat orang lain sebagai suatu mahakarya Allah? Apa yang akan membantu Anda agar Anda tetap memiliki pandangan yang benar tentang orang lain?
- Apa artinya memperlakukan orang lain dengan hormat dan kemuliaan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 21-22; Matius 28


Setiap orang dalam hidup Anda berharga bagi Allah dan Tuhan mengasihi mereka tanpa syarat.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top