Ketaatan adalah Kunci yang Membuka Janji-janji Allah

| Rabu, Mei 06, 2020 |


Ulangan 5:33 "Segenap jalan, yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, haruslah kamu jalani, supaya kamu hidup, dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu di negeri yang akan kamu duduki."

Pernahkah Anda berpikir apa hubungannya antara iman dengan ketaatan? Ketika Anda mempercayai seseorang, Anda melakukan apa yang mereka perintahkan. Jika Anda tidak melakukan apa yang diperintahkan seseorang kepada Anda, itu artinya Anda tidak mempercayai mereka.

Dalam Alkitab, Allah mengaitkan iman dengan kepatuhan berulang-ulang kali. Janji-janji Allah mempunyai syarat, yaitu jika Anda mengikuti petunjuk yang Ia berikan kepada Anda.

Ulangan 5:33 mengatakan, "Segenap jalan, yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, haruslah kamu jalani, supaya kamu hidup, dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu di negeri yang akan kamu duduki."

Allah memberikan janji-janji yang luar biasa dan spesifik di dalam Firman-Nya mengenai ketaatan. Bahkan ada begitu banyak janji yang tidak bisa saya jabarkan semuanya di sini. Berikut ini beberapa di antaranya:

"Siapa memperhatikan firman akan mendapat kebaikan, dan berbahagialah orang yang percaya kepada TUHAN" (Amsal 16:20).

"Perisai bagiku adalah Allah, yang menyelamatkan orang-orang yang tulus hati;" (Mazmur 7:10).

"Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya," (Mazmur 33:18).

"TUHAN mengetahui hari-hari orang yang saleh, dan milik pusaka mereka akan tetap selama-lamanya;" (Mazmur 37:18).

"Dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya" (1 Yohanes 3:22).

"Berbahagialah orang yang senantiasa takut akan TUHAN, tetapi orang yang mengeraskan hatinya akan jatuh ke dalam malapetaka" (Amsal 28:14).

"Siapa berpegang pada perintah, memelihara nyawanya, tetapi siapa menghina firman, akan mati" (Amsal 19:16).

"Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia! Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik" (Mazmur 34: 9-10).

Itulah beberapa janji Allah yang luar biasa. Bila Anda mengikuti pimpinan-Nya, maka Anda akan diberkati, diselamatkan, dilindungi, dirawat, dikaruniai apa yang Anda minta dan menjadi bahagia; Anda akan hidup lebih panjang dan tidak akan kekurangan segala yang baik.

Ketaatan adalah premis di balik semua janji. Allah memberikan janji-janji-Nya kepada Anda oleh karena anugerah-Nya. Namun, Anda baru bisa menikmati janji-Nya apabila Anda mengikuti instruksi-Nya.

Beberapa perintah Tuhan mungkin terdengar membingungkan. Beberapa mungkin kelihatan tidak adil. Misalnya, Alkitab mengatakan untuk memberikan 10 persen pertama dari setiap penghasilan Anda kembali kepada-Nya. Alkitab mengatakan ketika orang lain berbuat jahat kepada Anda, maka Anda harus berbuat baik kepada mereka. Dilihat dari sudut pandang manusia, hal-hal ini tidak selalu masuk akal. Tetapi hal-hal yang tidak masuk akal bagi kita adalah hal-hal yang Tuhan minta kita lakukan dengan iman. Dia ingin kita percaya pada-Nya dan tetap menaati-Nya, apapun yang terjadi.

Saya ingin Anda menikmati semua janji Tuhan. Ketaatan merupakan kunci yang membuka janji-janji-Nya. Pilihlah untuk mengikuti pimpinan-Nya hari ini dengan iman. Dia berjanji akan memberikan Anda hadiah atas kepatuhan Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana iman, ketaatan, dan janji-janji Allah saling berkaitan satu sama lain.
- Mana perintah Tuhan yang belum Anda taati karena Anda tidak mengerti mengapa harus melakukannya? Apakah Anda akan berkomitmen untuk taat di dalam iman, bahkan apabila Anda tidak memahaminya?
- Baca kembali daftar janji Tuhan di atas. Mana yang paling menarik perhatian Anda? Luangkan beberapa menit di dalam doa, bersyukurlah kepada Tuhan atas janji tersebut dan minta Dia untuk membantu Anda menaati arahan-Nya.



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Raja-raja 21-22; Lukas 23:26-56


Kadang Anda mengerti instruksi Tuhan. Tapi kadang juga tidak. Namun Anda harus tetap taat melakukan perintah-Nya meski Anda tidak memahaminya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top