Yesus Menawarkan Pengharapan dari Keputusan Buruk yang Anda Buat

| Selasa, Mei 05, 2020 |


Amsal 2: 3-5, 9 "Ya, jikalau engkau berseru kepada pengertian, dan menujukan suaramu kepada kepandaian, jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah. Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik."

Selama beberapa hari terakhir, Anda telah melihat enam tes berbeda yang dapat Anda gunakan ketika membuat keputusan. Hari ini saya merangkumkannya semuanya. Ketika Anda membaca kembali tes-tes tersebut, renungkanlah kebiasaan Anda sendiri dalam mengambil keputusan. Kemudian, bacalah apa yang ingin Yesus katakan kepada Anda tentang keputusan-keputusan yang pernah Anda buat di masa lalu.

Tes Ideal: Apakah keputusan ini sesuai dengan Firman Tuhan?

Dalam berbagai pengambilan keputusan, Alkitab menawarkan instruksi atau dasar-dasar yang jelas untuk kita ikuti. Ketika membuat keputusan, pertimbangkanlah apakah Firman Tuhan berbicara secara langsung tentang apa yang harus Anda lakukan.

Tes Integritas: Apakah saya ingin semua orang tahu tentang keputusan yang sedang saya buat ini?

Jika Anda adalah orang yang berintegritas, jati diri Anda sama, baik di dalam dan di luar. Diri Anda secara pribadi sama dengan diri Anda di depan umum.

Tes Peningkatan: Apakah keputusan ini akan menjadikan saya orang yang lebih baik?

Di dalam kehidupan, seringkali Anda tidak dihadapkan pada pilihan yang baik dengan yang jahat, tetapi antara yang lebih baik dengan yang terbaik. Buatlah standar yang tinggi, dan isi hidup Anda dengan hanya yang terbaik.

Tes Kemandirian: Apakah keputusan ini mulai mengendalikan dan mendominasi hidup saya?

Bahkan jika sesuatu tidak kelihatan buruk dari luar, itu bisa menjadi buruk bila itu sudah menjadi candu buat Anda. Kristus adalah satu-satunya yang pantas memegang kendali atas hidup Anda.

Tes Pengaruh: Apakah keputusan ini akan merugikan orang lain?

Budaya kita bertanya: Apa yang Anda butuhkan? Namun Tuhan meminta Anda untuk memikirkan orang lain juga. Jika keputusan yang Anda buat akan merugikan orang lain, maka itu adalah keputusan yang salah.

Tes Investasi: Apakah keputusan ini adalah penggunaan terbaik dari waktu saya?

Anda tidak punya waktu untuk segalanya, dan Tuhan pun tidak mengharapkan Anda untuk melakukan segalanya. Cari tahu apa misi yang Tuhan berikan pada Anda, dan investasikan waktu Anda untuk melaksanakan misi Anda.

Setelah Anda membaca pertanyaan-pertanyaan itu, mungkin Anda dihantui dengan keputusan-keputusan buruk yang pernah Anda buat. Anda mungkin merasa malu, bersalah, menyesal, atau kecewa. Mungkin Anda pernah tidak setia pada pasangan Anda. Mungkin Anda pernah berbohong untuk melindungi diri sendiri. Mungkin Anda pernah melakukan sesuatu yang teramat jahat sehingga Anda tidak pernah memberi tahu siapa pun.

Berikut ini yang saya pikir ingin Yesus katakan kepada Anda hari ini:

"Aku tak peduli dengan keputusan-keputusan buruk yang pernah engkau buat. Kau penting buat-Ku. Kau berharga bagi-Ku. Aku mengasihimu. Aku akan mengampunimu. Aku dapat memulihkanmu. Aku bahkan dapat memperbaiki kerusakan yang selama ini engkau bawa ke dalam hidupmu serta kehidupan orang lain. Aku akan menyambutmu pulang dengan tangan terbuka. Aku telah mati untuk semua keputusan buruk yang pernah engkau buat. Itu semua telah dibayar di atas kayu salib. Datanglah kepada-Ku dan serahkan kepada-Ku seluruh bagian hidupmu: bagian yang baik, bagian yang jelek, bagian yang membuat engkau malu. Aku akan membawa serta bagian-bagian itu dan memberikanmu damai sejahtera. Beberapa keputusanmu di masa lalu mungkin telah menyebabkan luka dan rasa malu. Aku akan memberikanmu kekuatan dan hikmat untuk mulai membuat keputusan yang cerdas yang akan mendatangkan keyakinan dan arti."

Sungguh tawaran yang luar biasa! Siapa yang bisa menolaknya? Jika hari ini Anda tersadarkan bahwa selama ini Anda menjalankan hidup dengan mengandalkan kekuatan Anda sendiri, berikan kendali itu kepada Allah dan nikmati damai sejahtera sebagai buahnya.

Renungkan hal ini:
- Ketika Anda melihat keenam tes pengambilan keputusan di atas, yang mana yang paling menonjol? Mungkin itu tes yang tampaknya sangat sulit atau yang Anda tahu belum pernah Anda lakukan. Buatlah komitmen untuk menggunakan keenam tes tersebut dalam mengambil keputusan minggu ini.
- Keputusan buruk apa yang belum pernah Anda katakan kepada siapa pun? Akuilah itu sekarang juga kepada Tuhan. Dia sedang menunggu untuk mengampuni Anda. Kemudian, mengucap syukurlah atas pengampunan-Nya dan minta Dia untuk membantu Anda untuk mulai membuat keputusan-keputusan yang lebih baik.



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Raja-raja 19-20; Lukas 23:1-25


Biarkan Tuhan menguji kembali segala rencana dan keputusan yang akan Anda ambil dalam hidup Anda.
Jangan biarkan diri Anda melangkah maju jika Tuhan tidak beserta dengan Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top