Ketika Membuat Keputusan, Gunakan Tes Investasi

| Senin, Mei 04, 2020 |


Efesus 5: 15-17 "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan."

Jika Anda ingin memanfaatkan hidup sebaik-baiknya, maka Anda harus mengendalikan waktu Anda. Waktu Anda adalah hidup Anda. Jika Anda tidak belajar mengatur waktu Anda, maka hidup Anda tidak akan melangkah jauh. Oleh karena itu, ketika mengambil keputusan, gunakanlah Tes Investasi: Apakah ini penggunaan terbaik waktu saya?

Kita semua punya jumlah waktu yang sama setiap minggunya: 168 jam. Waktu jauh lebih berharga dalam hidup Anda ketimbang uang. Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang, tetapi Anda tak bisa mendapatkan lebih banyak waktu.

Anda hanya diberikan jatah sejumlah hari di dunia ini. Jika Anda mengacaukannya, Anda telah gagal! Jika Anda membuang-buang waktu, Anda menyia-nyiakan hidup Anda.

Anda tidak akan punya waktu untuk segalanya. Dan kabar baiknya adalah: Tuhan tidak meminta Anda untuk melakukan segalanya. Bahkan, sejak awal, hanya ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Orang yang efektif mencari tahu apa yang penting dan apa yang sepele. Dan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal penting dan lebih sedikit waktu untuk hal-hal sepele.

Itu mungkin terdengar mudah, tetapi, sejujurnya, itu cukup sulit. Sulit untuk memilih yang terbaik ketimbang memilih yang termudah.

Seiring bertambahnya usia, saya harus memilih untuk tidak melakukan banyak aktivitas. Bukan karena aktivitas tersebut buruk. Itu karena saya ingin memaksimalkan waktu saya. Saya ingin memilih yang terbaik. Saya ingin menghabiskan hidup saya untuk misi yang telah Tuhan utus untuk saya laksanakan.

Apakah Anda tahu Anda di sini dengan sebuah misi? Anda tidak ditempatkan di planet ini buat hanya mengikuti arus. Allah menciptakan Anda untuk menjalankan sebuah misi.

Jika Anda tahu apa misi Anda, maka mulailah membersihkan kekacauan dalam hidup Anda sehingga Anda dapat menghabiskan hidup Anda untuk menjalankan misi tersebut.

Apakah Anda tak yakin apa misi Anda? Pertama, berhentilah melakukan beberapa hal sepele yang mengambil begitu banyak ruang dalam hidup Anda. Kemudian, tanyakanlah kepada Tuhan apa misi Anda. Setelah hal-hal sepele itu tersingkirkan, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mendengar jawaban-Nya.

Renungkan hal ini:
- Buatlah daftar hal yang menyita waktu Anda di hari-hari Anda. Namai setiap hal itu sebagai yang penting atau yang sepele. Pelajarilah daftar tersebut. Hal-hal sepele apa yang perlu Anda kurangi untuk memberikan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang penting?
- Apakah Anda tahu apa misi Anda dalam hidup Anda? Jika demikian, perhatikan daftar yang baru saja Anda buat; apakah cara Anda menghabiskan waktu menggerakkan Anda ke arah misi tersebut? Jika Anda tidak tahu misi Anda, berhenti sejenak dan berdoalah, tanyakanlah kepada Tuhan; beberapa hari setelahnya, teruslah bertanya kepada Tuhan dan dengarkanlah sampai Anda mendengar jawaban dari-Nya.



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Raja-raja 16-18; Lukas 22:47-71


Anda punya pilihan. Jangan puas dengan yang terbaik kedua. Cari tahu apa yang terbaik dari Tuhan untuk Anda dan habiskan hidup Anda untuk itu.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top