Iman yang Sejati Lebih dari Sekedar Percaya

| Senin, Juli 06, 2020 |

Yakobus 2: 19-20 "Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?"

Tahukah Anda bahwa Iblis percaya kepada Yesus? Begitu pun setan. Namun, kabar baiknya adalah Anda tidak akan bertemu mereka di surga.

Mengapa? Sebab mengaku percaya pada Yesus bukan berarti Anda memiliki iman kepada-Nya. Itu juga bukan berarti Anda percaya bahwa Dia akan memenuhi janji-janji-Nya.

Yakobus mengatakan iman lebih dari sekedar pengetahuan intelektual. Iman adalah sesuatu yang Anda lakukan. Iman itu aktif, bukan pasif. Iman yang sejati melibatkan komitmen untuk percaya kepada Yesus.

Tetapi itu bukan berarti kita bisa mengusahakan keselamatan kita. Alkitab berkata, "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri" (Efesus 2:8-9).

Maksud Yakobus adalah bahwa kepercayaan dan komitmen kita kepada Yesus tercermin dari hal-hal yang kita lakukan. Perbuatan baik kita adalah bukti dari iman kita yang nyata dan dapat dipercaya.

Mungkin Anda sedang bergumul untuk memahami mengapa hubungan Anda dengan Yesus tampak tidak berhasil. Mungkinkah itu karena Anda belum mempraktikkan iman Anda?

Alkitab berkata, "Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati" (Yakobus 2:26). Kata yang Yakobus gunakan berulang kali yaitu "lakukan." Pesannya itu teramat jelas: iman yang sejati terpancar dari gaya hidup Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan hari ini untuk menunjukkan pada orang lain iman Anda di dalam Kristus? Bagaimana Anda dapat melayani mereka, mendukung mereka, mendorong mereka, dan bahkan memperlihatkan mereka bagaimana iman Anda telah mengubah Anda?

Tidak ada waktu yang lebih pas untuk berdiri teguh dalam Yesus Kristus dan menunjukkan iman Anda, selain sekarang ini. Seperti dikatakan dalam 1 Korintus 16: 13-14, "Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!"

Renungkan hal ini:
- Bagaimana bisa iman dan pekerjaan merupakan bagian dari kehidupan orang Kristen yang sedang bertumbuh?
- Dalam hal apa hidup Anda menyatakan bahwa Anda memiliki hubungan yang bermakna dengan Yesus?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 32-33; Kisah Para Rasul 14


Iman Anda harus bisa mengubahkan Anda serta hal-hal yang Anda kerjakan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top